Khotijah, Irul (2016) Peningkatan Kemandirian Anak Melalui Pembelajaran Practical Life pada Kelompok-A TK MTA Munggur, Mojogedang, Karanganyar. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-irul-khotijah-14717251005.swf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses dan hasil pembelajaran sebagai upaya meningkatkan kemandirian anak melalui pembelajaran practical life pada anak kelompok A di TK MTA Munggur. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, dengan menggunakan desain Kemmis dan Taggart yang terdiri atas empat tahap untuk setiap siklus, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Peneliti dan guru kelas berkolaborasi dalam menyusun dan melaksanakan skenario pembelajaran. Subjek penelitian adalah anak-anak kelompok A, TK MTA Munggur yang berjumlah 18 anak, terdiri dari 11 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi anak dan lembar observasi aktivitas guru selama proses pembelajaran. Data yang terkumpul dianalisis secara diskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah apabila persentase kemandirian anak mencapai ≥75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) dalam proses pembelajaran, guru yang tadinya belum menerapkan pembelajaran practical life menjadi dapat menerapkan pembelajaran practical life untuk meningkatkan kemandirian anak kelompok-A TK MTA Munggur 2) terjadi peningkatan kemandirian anak secara keseluruhan dari pratindakan, kriteria Mulai Berkembang (MB) ada 9 anak dengan persentase 50%, kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH) ada 4 anak dengan persentase 22.23%, kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB) ada 5 anak dengan persentase 27.78%. Rerata pada pratindakan adalah 75.33 dengan persentase 55.39%. Pada siklus I kriteria Mulai Berkembang (MB) ada 1 anak dengan persentase 5.56%, kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH) ada 5 anak dengan persentase 27.78%, kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB) ada 12 anak dengan persentase 66.67%. Rerata pada siklus I adalah 98.70 dengan persentase 72.58%. Pada siklus II kriteria Berkembanng Sangat Baik (BSH) ada 3 anak dengan persentase 16.67%, kriteria BSB ada 15 anak dengan persentase 83.34%. Rerata pada siklus II adalah 113.04 dengan persentase 83.33%
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemandirian, practical life, anak kelompok A |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 12 Jul 2016 06:47 |
Last Modified: | 09 May 2019 07:20 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36165 |
Actions (login required)
View Item |