Pengaruh Bentuk-Bentuk Tes Matematika terhadap Prestasi dan Kecemasan Siswa SMA Kelas XI

Priono, Bambang (2012) Pengaruh Bentuk-Bentuk Tes Matematika terhadap Prestasi dan Kecemasan Siswa SMA Kelas XI. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-bambang-priono-09709251007.swf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan pengaruh bentuk tes terhadap prestasi dan kecemasan; 2) menentukan bentuk tes yang lebih meningkatkan prestasi belajar dan paling kecil mempengaruhi kecemasan; 3) mendeskripsikan kekonsistensian pengaruh bentuk tes terhadap prestasi dan kecemasan; 4) menentukan bentuk tes yang lebih konsisten dalam meningkatkan prestasi belajar dan paling kecil mempengaruhi kecemasan. Penelitian tergolong dalam penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh bentuk tes yang digunakan dalam evaluasi pembelajaran matematika. Sebagai sampel dipilih dua bentuk tes yang diklasifikasikan berdasarkan fotmat item tes yang digunakan, yaitu bentuk tes pilihan ganda dan bentuk tes esai. Sumber data dalam penelitian ini adalah dua kelas siswa kelas XI yang ada di SMA Negeri 7 Yogyakarta dan SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes untuk mengukur prestasi akademik dan angket untuk mengukur kecemasan matematika siswa. Untuk mengetahui pengaruh bentuk tes pada masing-masing variabel data dianalisis secara univariat dengan uji one sample t-test pada taraf signifikansi 5% dan untuk melihat kekonsistenan pengaruh bentuk tes melalui rata-rata skor dan perhitungan Gain Score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) bentuk tes pilihan ganda dan bentuk tes esai memiliki pengaruh yang sama terhadap peningkatan prestasi matematika siswa pada keseluruhan standar kompetensi; 2) bentuk tes pilihan ganda lebih berpengaruh terhadap peningkatan prestasi matematika siswa pada standar kompetensi statistika; 3) bentuk tes esai lebih berpengaruh terhadap peningkatan prestasi matematika siswa pada standar kompetensi peluang; 4) bentuk tes pilihan ganda dan bentuk tes esai memiliki pengaruh yang sama terhadap penurunan kecemasan matematika siswa; 5) Bentuk tes esai berpengaruh lebih konsisten dalam meningkatkan prestasi matematika siswa bila dibandingkan bentuk tes pilihan ganda.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: bentuk tes matematika, prestasi matematika, kecemasan matematika
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2016 04:54
Last Modified: 29 Jan 2019 08:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34886

Actions (login required)

View Item View Item