ENINGKATAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PESERTA DIDIK KELAS VII E SMP N 2 WONOSARI TEMA ENERGI DALAM SISTEM KEHIDUPAN

Santosa, Prema Kurniawati (2016) ENINGKATAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PESERTA DIDIK KELAS VII E SMP N 2 WONOSARI TEMA ENERGI DALAM SISTEM KEHIDUPAN. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah melalui model Problem Based Learning pada peserta didik kelas VII E SMP N 2 Wonosari dengan tema “Energi dalam Sistem Kehidupan”. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Spiral Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII E SMP N 2 Wonosari yang berjumlah 30 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Adapun teknik pengumpulan data untuk mengetahui peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik menggunakan teknik tes dan non tes. Teknik tes menggunakan soal pretest dan posttest berupa soal uraian, sedangkan teknik non tes menggunakan lembar pengamatan keterampilan pemecahan masalah yang digunakan saat pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Keterampilan pemecahan masalah peserta didik kelas VII E SMP N 2 Wonosari dapat ditingkatkan melalui pembelajaran model PBL. Masing-masing tahapan model PBL dapat meningkatkan aspek keterampilan pemecahan masalah. Tahap memberikan orientasi masalah kepada peserta didik meningkatkan aspek memahami masalah dan merencanakan solusi. Tahap mengorganisasi peserta didik untuk melakukan penyelidikan meningkatkan aspek memahami masalah dan merencanakan solusi. Tahap membimbing penyelidikan peserta didik meningkatkan aspek memecahkan masalah. Tahap menyajikan hasil penyelidikan meningkatkan aspek mengevaluasi pemecahan masalah. Tahap menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah meningkatkan aspek mengevaluasi pemecahan masalah. Peningkatan keterampilan pemecahan masalah dibuktikan dengan peningkatan jumlah peserta didik yang mencapai KKM (KKM = 75) dari siklus I sebesar 90% menjadi 100% pada siklus II. Kata Kunci : Model Problem Based Learning (PBL), Keterampilan Pemecahan Masalah

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan IPA
Depositing User: Admin Pendidikan IPA FMIPA
Date Deposited: 10 May 2016 03:30
Last Modified: 30 Jan 2019 07:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32457

Actions (login required)

View Item View Item