Peningkatan Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Pecahan Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching Pada Siswa Kelas V SDN Dayeuhluhur 03 Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2014/2015

Suwaryo, Suwaryo (2015) Peningkatan Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Pecahan Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching Pada Siswa Kelas V SDN Dayeuhluhur 03 Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2014/2015. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-suwaryo-13712259012.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep pecahan melalui model pembelajaran quantum teaching di kelas V SD Negeri Dayeuhluhur 03 Kabupaten Cilacap tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus mengikuti tahapan-tahapan Model Kemmis dan Taggart yang meliputi: perencanaan, tindakan dan observasi, refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Dayeuhluhur 03 Cilacap pada bulan April s.d. Juni 2015. Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 29 siswa. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, tes tulis, skala minat, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran quantum teaching dalam pembelajaran konsep operasi hitung pecahan dapat meningkatkan minat belajar siswa ditunjukkan dengan perolehan skor rata-rata skala minat belajar pada siklus I dan siklus II berturut-turut adalah 107,44 dan 120,60; (2) penerapan model pembelajaran quantum teaching dalam pembelajaran konsep operasi hitung pecahan dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa ditunjukkan dengan perolehan nilai rata-rata tes prestasi belajar pada siklus I dan siklus II berturut-turut adalah 71,45 dan 85,72. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran quantum teaching dapat meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep siswa terhadap materi operasi hitung pecahan pada siswa kelas V SD Negeri Dayeuhluhur 03 Kecamatan Dayeuhluhur Kabupaten Cilacap.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: minat belajar, pemahaman konsep, model pembelajaran quantum teaching
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 05 Jan 2016 03:05
Last Modified: 09 May 2019 03:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28977

Actions (login required)

View Item View Item