Tularsih, Kandi Tan (2011) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KECIL MENENGAH PADA SENTRA INDUSTRI KERAJINAN KULIT DI DUSUN MANDING KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.
|
Text
STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KECIL MENENGAH PADA SENTRA INDUSTRI KERAJINAN KULIT DI DUSUN MANDING KABUPATEN BANTUL.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Pola persebaran pengrajin pada sentra industri kerajinan kulit di Dusun Manding Kabupaten Bantul; (2) Strategi yang tepat dilakukan untuk pengembangan industri kerajinan kulit di Dusun Manding di masa mendatang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah 40 orang pengrajin yang termasuk dalam Usaha Kecil Menengah, Data yang digunakan adalah data primer darihasil kuesioner serta hasil Forum Group Discusion dengan para pengrajin dan pemerintah Kabupaten Bantul dalam hal ini diwakili oleh Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi. Teknik pengolahan data menggunakan teknik editing, koding dan tabulasi. Teknik analisis data dalam menentukan pola persebaran pengrajin dengan menggunakan pendekatan geografi sedangkan analisis SWOT digunakan untuk perumusan strategi pengembangan. Basil penelitian ini menunjukan (1) Pola persebaran pengrajin pada sentra kerajinan kulit di Dusun Manding menyebar dengan distribusi pengrajin pada 5 RT yaitu RT 04, RT 05, RT 06, RT 07 dan RT 08, dan tidak merata jumlahnya; (2) Terdapat sebelas strategi pengembangan yang harus dilakukan untuk pengembangan Usaha Kecil Menengah pada sentra industri kerajinan kulit di Dusun Manding, yaitu: (a) Memperkuat pemasaran dengan memaksimalkan fasilitasi pameran; (b) Memanfaatkan kebijakan bantuan permodalan untuk memperkuat modal usaha; (c) Melakukan labeling produk mengingat produk kerajinan kulit di Dusun Manding sudah terkenal dan memiliki brand image yang kuat; (d) Melakukan ekspansi usaha; (e) Meningkatkan akses pelaku usaha terhadap kebijakan yang ada; (f) Memaksimalkan kebijakan pelatihan untuk mengatasi kelemahan manajemen usaha dan pemasaran; (g) Meningkatkan inovasi dengan berani mencoba memproduksi barang barn; (h) Aktif mencari pasar baru bagi produk-produk yang dihasilkan; (i) Mempertahankan pangsa pasar dengan mempertahankan konsumen loyal dan ekspansi pemasaran melalui berbagai media pemasaran; (j) Memfokuskan pada pasar lokal yang selama ini sudah berjalan serta melalui keberadaan showroom- showroom di Manding; (k) Meningkatkan komunikasi kerja sarna dengan usaha-usaha lain untuk memperkuat pemasaran, misalnya dengan travel/agen wisata. Kata Kunci : Strategi Pengembangan, Usaha Kecil Menengah, Sentra Industri Kerajinan Kulit.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Geografi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Admin Pendidikan Geografi FIS |
Date Deposited: | 26 Oct 2015 07:52 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 04:43 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27595 |
Actions (login required)
View Item |