“Strategi Komunikasi Kerabat Kotak Jogja” dalam usaha Memperoleh Anggota Baru

Krisna Isdi Prawestri, Yashinta (2013) “Strategi Komunikasi Kerabat Kotak Jogja” dalam usaha Memperoleh Anggota Baru. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ringkasan KKJ.pdf

Download (134kB) | Preview

Abstract

Manusia sebagai makhluk sosial tidak dapat dipisahkan dengan interaksi sosial, interaksi ini dapat terjadi apabila terdapat kontak dan komunikasi Penelitian ini menjelaskan mengenai akibat dari komunikasi yang terjadi yaitu bertambahnya anggota pada Kerabat Kotak Jogja, pengurus Kerabat Kotak Jogja ini telah menerapkan suatu strategi komunikasi dalam usaha memperoleh anggota baru di wilayah Jogja yang notabene masih sangat kental dengan budaya lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi dan penghambat pada Kerabat Kotak Yogyakarta dalam usaha memperoleh anggota baru, Penelitian mengenai “Strategi Komunikasi pada Kerabat Kotak Jogja” dalam usaha Memperoleh Anggota Baru ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling yaitu pengurus Kerabat Kotak Jogja serta anggota-anggota yang sedikit banyak mengetahui tentang Kerabat Kotak Jogja. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Validitas data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, sedangkan untuk menganalisis data menggunakan empat hal utama yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Kerabat Kotak Jogja dalam proses komunikasinya untuk memperoleh anggota baru sudah memiliki strategi komunikasi hal ini dibuktikan dengan adanya pemanfaatan secara maksimal jejaring sosial, dengan penggunaan identitas komunitas atau atribut komunitas, dan dengan obrolan-obrolan dari satu orang ke orang lainnya. Komunikasi yang terjadi di Kerabat Kotak Jogja adalah komunikasi antara anggota dan anggota, pengurus dan anggota, serta komunitas dan masyarakat. Anggota Kerabat Kotak Jogja tidak memiliki kewajiban secara tertulis untuk membantu proses promosi akan tetapi secara tidak disadari dengan memakai atribut Kerabat Kotak Jogja sudah sedikit banyak membantu proses usaha memperoleh anggota baru. Humaslah yang memiliki kewajiban untuk promosi, melalui media jejaring sosial dan melalui obrolan-obrolan dengan orang lain. Hambatan dalam penelitian ini adalah tidak adanya basecamp tetap Kerabat Kotak Jogja sehingga menyulitkan proses recruitment anggota baru karena tempat berkumpul sering berpindahpindah serta hambatan yang datang dari masyarakat adalah masih adanya tanggapan negatif tentang fansclub band yang mengusung musik rock. Kata Kunci : strategi komunikasi, komunikasi, komunitas, memperoleh anggota

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 13 Aug 2015 08:14
Last Modified: 30 Jan 2019 01:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24809

Actions (login required)

View Item View Item