Sumbangan Kebiasaan Membaca, Penguasaan Kosakata, dan Penguasaan Tata Bahasa terhadap Keterampilan Menulis Pengalaman Peserta Didik Kelas V SD Negeri se-Kecamatan Bambanglipuro, Bantul. Yogyakarta

Diarani, Noraning (2015) Sumbangan Kebiasaan Membaca, Penguasaan Kosakata, dan Penguasaan Tata Bahasa terhadap Keterampilan Menulis Pengalaman Peserta Didik Kelas V SD Negeri se-Kecamatan Bambanglipuro, Bantul. Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-noraning-diarani-13712251033.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sumbangan: (1) kebiasaan membaca terhadap keterampilan menulis pengalaman, (2) penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis pengalaman, (3) penguasaan tata bahasa terhadap keterampilan menulis pengalaman, serta (4) kebiasaan membaca, penguasaan kosakata, dan penguasaan tata bahasa terhadap keterampilan menulis pengalaman peserta didik kelas V SD Negeri se-Kecamatan Bambanglipuro, Bantul, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri se-Kecamatan Bambanglipuro, Bantul, Yogyakarta sebanyak 300 siswa. Sampel penelitian sebanyak 169 siswa ditentukan menggunakan teknik proporsional random sampling. Instrumen terdiri dari tes dan angket. Tes digunakan untuk mengukur penguasaan kosakata, penguasaan tata bahasa, dan keterampilan menulis pengalaman. Angket digunakan untuk mengukur kebiasaan membaca. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi ganda. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kebiasaan membaca dengan keterampilan menulis pengalaman dan sumbangan efektifnya sebesar 4,177%; (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara penguasaan kosakata dengan keterampilan menulis pengalaman dan sumbangan efektifnya sebesar 6,719%; (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara penguasaan tata bahasa dengan keterampilan menulis pengalaman dan sumbangan efektifnya sebesar 11,804%; (4) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kebiasaan membaca, penguasaan kosakata, dan penguasaan tata bahasa dengan keterampilan menulis pengalaman dan total sumbangan efektifnya sebesar 22,7%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: sumbangan, kebiasaan membaca, penguasaan kosakata, penguasaan tata bahasa, keterampilan menulis pengalaman
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 22 Jul 2015 01:45
Last Modified: 09 May 2019 02:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23585

Actions (login required)

View Item View Item