EFEKTIVITAS MEDIA PERMAINAN KOKAMI (KOTAK DAN KARTU MISTERIUS) DALAM PEMBELAJARAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA PRANCIS KELAS XII SMA NEGERI 1 SANDEN

Wahyuni, Sri (2013) EFEKTIVITAS MEDIA PERMAINAN KOKAMI (KOTAK DAN KARTU MISTERIUS) DALAM PEMBELAJARAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA PRANCIS KELAS XII SMA NEGERI 1 SANDEN. S1 thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
Sri Wahyuni 08204241004.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ada tidaknya perbedaan kemampuan berbicara bahasa Prancis yang signifikan antara siswa yang diajar dengan media permainan kokami dan yang diajar dengan media konvensional, (2) efektivitas penggunaan media permainan kokami dalam pengajaran kemampuan berbicara bahasa Prancis. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain control group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Negeri 1 Sanden. Sedangkan sampelnya adalah kelas XII IPA 2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 35 siswa dan kelas XII IPA 3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 36 siswa. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi dan validitas konstruk. Dan reliabilitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah reliabilitas inter-rater. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan uji-t dan gain score. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai t-hitung sebesar 3,060 dengan db = 69 yang kemudian dikonsultasikan dengan nilai t-tabel pada taraf signifikansi 5 % dan db = 69 yaitu sebesar 1,995 yang berarti bahwa nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berbicara bahasa Prancis siswa yang diajar dengan media permainan kokami dan siswa yang diajar dengan media konvensional. Selain itu, dilihat dari nilai rerata gain score, kelompok eksperimen mempunyai rerata gain score sebesar 0,32 yang lebih besar daripada rerata gain score pada kelompok kontrol yaitu sebesar 0,15. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media permainan kokami lebih efektif daripada menggunakan media konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kokami, berbicara, bahasa prancis
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Perancis
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Perancis FBS
Date Deposited: 30 Jun 2015 07:06
Last Modified: 30 Dec 2020 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22127

Actions (login required)

View Item View Item