Ratman, Anggar (2015) INTERAKSI SOSIAL ANAK BERKESULITAN BELAJAR DI SD NEGERI BANYUSOCO II. S1 thesis, PGSD.
|
Text
AnggarRatman_10108244094.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor-faktor yang mendukung terjadinya interaksi sosial anak berkesulitan belajar di SD N Banyusoco II Kepek, Desa Banyusoco, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, DIY. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah anak berkesulitan belajar di kelas tinggi (kelas IV,V,VI). Subjek berjumlah 9 anak. Penentuan subjek berdasarkan data anak berkebutuhan khusus tahun ajaran 2014/2015. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode yang digunakan untuk menganalisis data menggunakan model Interaktif Huberman & Miles. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mendukung interaksi sosial anak berkesulitan belajar berupa (1) imitasi dengan melihat seseorang di lingkungannya dan televisi, (2) sugesti eksternal dan sugesti internal, (3) identifikasi berupa ketertarikan dan keinginanmenjadi seperti orang tertentu, (4) simpati intelektual berupa perasaan sedih atau senang menanggapi sebuah peristiwa dan simpati respon reflek berupa trauma terhadap suatu kejadian yang pernah dialami, (5) komunikasi, (6) faktor yang sangat berpengaruh terhadap interaksi sosial adalah pemberian sugestilangsung oleh orangtua, guru, teman dan, (7) upaya yang ditempuh sekolah melalui program ekstrakurikuler serta pendampingan khusus. Kata kunci: interaksi sosial, anak berkesulitan belajar, sekolah dasar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 16 Apr 2015 05:37 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 21:02 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16479 |
Actions (login required)
View Item |