Paulus, Dwi Pamuji (2013) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PADA SISWA KELAS XI IPA DI SMA N 1 IMOGIRI TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.
|
Text
Halaman depan.pdf Download (395kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (346kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (436kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (321kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (164kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran sejarah dengan menggunakan media gambar dapat menarik dan membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran, karena dengan media gambar siswa dapat melihat secara riil mengenai kejadian yang sedang guru sampaikan, sehingga prestasi siswa juga dapat meningkat. Penelitian yang dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran sejarah dengan menggunakan media gambar lebih efektif, jika dibandingkan dengan pembelajaran sejarah yang tidak menggunakan media gambar bagi siswa kelas XI IPA di SMA N 1 Imogiri. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen, artinya kelas yang menjadi objek penelitian tidak mendapat kontrol yang ketat seperti penelitian eksperimen pada umumnya. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA di SMA N 1 Imogiri pada semester genap untuk tahun ajaran 2011/2012. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan alasan karena peneliti memiliki pertimbangan-pertimbangan dalam menentukan yang menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas yang dijadikan sebagai sampel adalah kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui tes dan dokumentasi. Rancangan penelitian yang berupa tes, dilakukan dengan menggunakan pretest-posttest control group design. Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi dilakukan di kelas eksperimen maupun kelas kontrol selama kedua kelas mendapatkan perbedaan perlakuan. Teknik analisis data dalam penelitian ini, dilakukan menggunakan uji t. Uji t dilakukan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Uji effect size dilakukan untuk mengetahui pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hasil analisis dengan menggunakan uji t diketahui bahwa nilai
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Umum > Penelitian Pendidikan > Media Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Admin Pendidikan Sejarah FIS |
Date Deposited: | 26 Mar 2015 04:53 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 19:37 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14247 |
Actions (login required)
View Item |