UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SISWA KELAS III SD NEGERI SLEMAN 3 KECAMATAN SLEMAN KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA

Chilmi Romadhona, Fika (2012) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SISWA KELAS III SD NEGERI SLEMAN 3 KECAMATAN SLEMAN KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Fika Chilmi Romadhona.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas III SDN Sleman 3 dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL). Jenis penelitian ini adalah Penelitan Tindakan Kelas. Desain penelitian yang digunakan adalah model siklus Kemmis dan Taggart. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan catatan lapangan. Metode analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan mencari rerata. Model CTL dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas III SDN Sleman 3. Hasil penelitian pada siklus I meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi sebesar 2,25, dengan kondisi awal 66,14 meningkat menjadi 68,39, dan pada siklus II dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi sebesar 6,48, dengan kondisi awal 66,14 meningkat menjadi 72,62. Kata kunci: menulis karangan deskripsi, model CTL

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 05 Feb 2013 03:30
Last Modified: 29 Jan 2019 18:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9998

Actions (login required)

View Item View Item