PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI METODE PROBLEM SOLVING BASED TEACHING DI KELAS IV SD KANISIUS KALASAN KABUPATEN SLEMAN

Istijani, Christiana (2012) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI METODE PROBLEM SOLVING BASED TEACHING DI KELAS IV SD KANISIUS KALASAN KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak Christiana Istijani.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan metodeproblem solving based teaching dalam meningkatkan prestasi belajar IPS di kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilaksanakan melalui tiga siklus, dimana tiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran dengan menggunakan metode problem solving based teaching dapat meningkatkan prestasi belajar IPS. Ini dapat terlihat dari analisis hasil pra tindakan dan tiap siklus, nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan. Adapun hasil dari pra tindakan yang tuntas ada 23 peserta didik dan yang belum tuntas ada 13 peserta didik. Peningkatannya pada siklus I ada 32 peserta didik dan yang belum tuntas ada 4 peserta didik, siklus II yang tuntas ada 33 peserta didik dan yang belum tuntas ada 3 peserta didik, siklus III yang tuntas ada 34 peserta didik dan yang belum tuntas ada 2 peserta didik. Kriteria ketuntasan belajar dalam pembelajaran pada siklus III sudah dikatakan tuntas sebab sebanyak 94,44% atau sekitar 34 peserta didik sudah mendapatkan nilai di atas rata-rata kelas. Dengan metode pembelajaran problem solving based teaching, konsep-konsep pembelajaran akan mudah diterima dan dipahami peserta didik sehingga mendapatkan nilai prestasi belajar yang tuntas. Berdasarkan hasil tersebut diperoleh kesimpulan bahwa metode problem solving based teaching dapat meningkatkan prestasi belajar IPS. Kata kunci: prestasi belajar IPS, problem solving based teaching, dan SD Kanisius Kalasan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 05 Feb 2013 03:30
Last Modified: 29 Jan 2019 18:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9990

Actions (login required)

View Item View Item