PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENDEKATAN PAKEM SISWA KELAS I SD JOMBLANGAN BANGUNTAPAN BANTUL TAHUN AJARAN 2011/2012

Endah , Kusumawati (2012) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENDEKATAN PAKEM SISWA KELAS I SD JOMBLANGAN BANGUNTAPAN BANTUL TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover - 09108247015.pdf

Download (597kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 - 09108247015.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 09108247015.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - 09108247015.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - 09108247015.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan membaca permulaan dengan pendekatan PAKEM siswa kelas I SD Jomblangan Banguntapan Bantul Tahun Ajaran 2011/2012. Pembelajaran dilaksanakan secara aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) tipe kolaboratif. Subyek penelitian adalah siswa kelas I Sekolah Dasar Jomblangan yang berjumlah 33 siswa. Penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc.Taggart. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus.Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Pada setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah observasi dan tes. Tes yang digunakan divalidasi melalui expert judgment oleh dosen pembimbing skripsi. Data hasil observasi dianalisis secara deskriptif kualitatif dan data hasil tes dianalisis secara deskriptif kuantitatif persentase. Hasil penelitian adalah sebagai berikut penggunaan pendekatan PAKEM untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SD dapat dilakukan dengan strategi kopasus (kelompok - pasang – susun) permaian kartu kata dengan tahap – tahap yaitu tahap pengelompokkan, tahap pemasangan, tahap penyusunan, tahap pembahasan dan tahap penutup. Hasil penelitian pada siklus III menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas hasil pre tes 66,61 dengan persentase ketuntasan siswa yang mencapai KKM 48,5% meningkat menjadi 78,45 dengan persentase ketuntasan siswa yang mencapai KKM 90,9%. Kata kunci: keterampilan membaca permulaan, PAKEM (Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: keterampilan membaca permulaan, PAKEM (Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan).
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 11 Feb 2013 03:46
Last Modified: 29 Jan 2019 18:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9908

Actions (login required)

View Item View Item