PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBUAT CONBLOK PADA ANAK TUNA GRAHITA RINGAN KELAS VII DI SLB NEGERI TEMANGGUNG JAWA TENGAH

Sumaryana, Sumaryana (2012) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBUAT CONBLOK PADA ANAK TUNA GRAHITA RINGAN KELAS VII DI SLB NEGERI TEMANGGUNG JAWA TENGAH. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
bab 1 - 08103247020.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 08103247020.pdf

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - 08103247020.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover - 08103247020.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - 08103247020.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) proses pembelajaran keterampilan membuat conblok di SLB Negeri Temanggung Jawa Tengah, (2) hambatan yang menjadi kendala pembelajaran keterampilam membuat conblok pada sekolah SLB Negeri Temanggung Jawa Tengah, (3) cara mengatasi hambatan dan kendala yang dihadapi dalam pembelajaran keterampilan membuat conblok pada SLB Negeri Temanggung Jawa Tengah. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 anak tunagrahita ringan kelas VII SLB Negeri Temanggung Kabupaten Jawa Tengah. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk mendapatkan data yang dapat dipertanggung jawabkan, keabsahannya digunakan teknik memperpanjang masa observasi, triangulasi, memberikan deskripsi terperinci dan mengadakan konsultasi dengan pembimbing. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) Pelaksanaan pembelajaran keterampilan membuat conblok, di antaranya (a) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), guru belum dapat menyusun RPP karena tidak memiliki buku pengangan dalam menyusun standar kompetensi dan kompetensi dasar, (b) asesmen dilakukan untuk mengetahui kemampuan dasar yang dimiliki siswa, (c) apersespsi, meliputi hasil observasi, sebelum pembelajaran, (d) materi, meliputi mengenal dan menyiapkan alat dan bahan, menggunakan peralatan, membuat adukan, dan melakukan pencetakan conblok, (e) metode yaitu ceramah, demonstrasi dan pemberian tugas, (f) strategi yang dilakukan, yaitu dengan pendekatan secara individual, (g) media yang digunakan adalah media cetak yang berupa gambar poster pembuatan conblok, (h) sarana prasarana, yaitu ruang keterampilan (shelter workshop), (i) evaluasi, dilakukan pada waktu proses pembelajaran keterampilan berlangsung. (2) Hambatan yang dihadapi anak tunagrahita ringan dan perilaku guru dalam pembelajaran keterampilan membuat conblok adalah (a) hambatan dalam penguasaan materi, karena anak sulit menerima penjelasan yang memerlukan pengertian, (b) emosi yang sering kurang stabil, sehingga anak sering semaunya dalam belajar keterampilan, (c) anak mudah lupa, sehingga sering mengalami banyak kesalahan, dan (d) tidak semua pekerjaan dalam keterampilan dapat dikuasai, mereka melaksanakan pekerjaan bagian-bagian, sehingga tidak dapat melakukan aktivitas yang komplek. (3) Upaya yang dilakukan guru di antaranya: (a) memberikan penjelasan secara singkat, anak langsung praktek, (b) anak diberikan tugas lain sebagai selingan, (c) mengulang materi yang telah diajarkan, (d) bekerja kelompok, Kata kunci: Pembelajaran, keterampilan, tunagrahita ringan, membuat conblok

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, keterampilan, tunagrahita ringan, membuat conblok
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 11 Feb 2013 03:45
Last Modified: 29 Jan 2019 18:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9906

Actions (login required)

View Item View Item