KONTRIBUSI POLA ASUH DEMOKRATIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD GUGUS I KECAMATAN SRUMBUNG KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2011/2012

Yusuf , Margani (2012) KONTRIBUSI POLA ASUH DEMOKRATIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD GUGUS I KECAMATAN SRUMBUNG KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB 1 - 8108241157.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - 8108241157.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - 8108241157.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER - 8108241157.pdf

Download (938kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 8108241157.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi pola asuh demokratis terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Gugus 1 Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ex-postfacto. Pendekatan ex-postfacto di sini menggunakan jenis criterion group study atau causal comparative research yaitu berusaha mencari informasi tentang mengapa terjadi hubungan sebab akibat. Variabel yang diteliti yaitu Pola Asuh Demokratis (X) dan Prestasi Belajar (Y). Populasi penelitian ini adalah 214 siswa dengan sampel 140 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak (Sample Random Sampling). Pengumpulan data diambil melalui metode angket dan dokumentasi. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data variabel pola asuh demokratis, sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data variabel prestasi belajar siswa. Sebelum penelitian dilaksanakan, terlebih dahulu diadakan uji validitas dan reliabilitas instrumen. Uji validitas menggunakan rumus Product Moment, dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas, linieritas, dan homogenitas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis deskriptif dan statistik inferensial. Teknik analisis statistik inferensial menggunakan regresi linier sederhana. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai koefisien regresi (r2) pola asuh demokratis dengan prestasi belajar sebesar 0,202. Hasil perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pola asuh demokratis dengan prestasi belajar siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang tahun ajaran 2012/1012. Kata kunci: pola asuh demokratis, prestasi belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pola asuh demokratis, prestasi belajar.
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 11 Feb 2013 03:40
Last Modified: 29 Jan 2019 18:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9900

Actions (login required)

View Item View Item