DESKRIPSI KEMAMPUAN BINA DIRI MAKAN PADA ANAK TUNAGRAHITA SEDANG KELAS III SDLB DI SLB PGRI SUMBERSARI MOYUDAN SLEMAN

Widiasih, Widiasih (2012) DESKRIPSI KEMAMPUAN BINA DIRI MAKAN PADA ANAK TUNAGRAHITA SEDANG KELAS III SDLB DI SLB PGRI SUMBERSARI MOYUDAN SLEMAN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB 1 - 0810324904.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - 0810324904.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - 0810324904.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER - 0810324904.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 0810324904.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kemampuan bina diri makan pada anak tunagrahita sedang kelas III SDLB di SLB PGRI Sumbersari Moyudan Sleman, dan (2) faktor-faktor yang menjadi hambatan dalam bina diri makan pada anak tunagrahita sedang kelas III SDLB di SLB PGRI Sumbersari Moyudan Sleman Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian berjumlah dua orang yaitu siswa tunagrahita sedang kelas III SDLB di SLB PGRI Sumbersari Moyudan Sleman. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data dalam penelitian ini adalah kualitatif. Langkah-langkah teknik analisis data di antaranya reduksi data, display data (penyajian data), dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kemampuan bina diri makan pada anak tunagrahita sedang kelas III SDLB di SLB PGRI Sumbersari Moyudan Sleman antara lain: subjek LF mampu menyiapkan peralatan makanan dengan bantuan guru, menyendok nasi dan sayur masih dibantu guru, mampu makan menggunakan sendok setelah diberi latihan, mampu mengunyah makanan dengan mulut tertutup, dapat mengumpulkan nasi ke tengah piring, mampu meletakkan sendok dan garpu yang benar setelah makan, dan membawa piring ke tempat mencuci piring masih dibantu guru. Subjek YK mampu menyiapkan peralatan makan, mampu menyendok nasi dan sayur sendiri, mampu makan menggunakan sendok sendiri, mampu mengunyah makanan dengan mulut tertutup, dapat mengumpulkan nasi ke tengah piring, mampu meletakkan sendok dan garpu yang benar setelah makan, dan mampu membawa piring ke tempat mencuci piring tanpa bantuan guru. (2) Hambatan yang muncul dalam pelaksanaan bina diri makan bina diri pada anak tunagrahita sedang kelas III SDLB di SLB PGRI Sumbersari Moyudan Sleman meliputi: kesulitan dalam berkomunikasi dengan lancar, sulit memahami perintah guru, dan makan masih menggunakan tangan. Kata kunci: kemampuan, bina diri makan, tunagrahita sedang

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kemampuan, bina diri makan, tunagrahita sedang
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 11 Feb 2013 03:40
Last Modified: 29 Jan 2019 18:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9897

Actions (login required)

View Item View Item