IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BEYOND CENTER AND CIRCLE TIME (BCCT) DI KELOMPOK BERMAIN (KB) SURYA CERIA AISYIYAH (SCA) KARANGANYAR

Mukti Diyah , Puspitarini (2012) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BEYOND CENTER AND CIRCLE TIME (BCCT) DI KELOMPOK BERMAIN (KB) SURYA CERIA AISYIYAH (SCA) KARANGANYAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover _08102244012.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 _08102244012.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 _08102244012.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 _08102244012.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran _08102244012.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan: (1) Implementasi pembelajaran BCCT di KB SCA Karanganyar, (2) Faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran BCCT di KB SCA Karanganyar. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subyek dalam penelitian ini adalah pengelola, kepala sekolah, pendidik dan peserta didik kelompok B. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti sebagai instrumen utama dalam melakukan penelitian, yang dibantu oleh pertanyaan penelitian, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis dilakukan dalam bentuk pengkodean (coding). Pengkodean merupakan proses penguraian data, pengonsepan, dan penyusunan kembali dengan cara baru. Adapun tahapan pengumpulan data adalah tahap reduksi data, tahap display data dan tahap kesimpulan. Keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, keajegan pengamatan, dan trianggulasi. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa: (1) Implementasi pembelajaran BCCT di KB SCA Karanganyar dilakukan melalui tiga aspek, yaitu: (a) perencanaan, yaitu: pendidik membuat RKH, pendidik menata alat dan bahan main yang akan digunakan, (b) pelaksanaan pembelajaran berdasarkan 4 pijakan, yaitu: pijakan lingkungan main, pijakan sebelum main, pijakan saat main, dan pijakan setelah main, (c) evaluasi pembelajaran menggunakan lembar observasi harian, portofolio, dan periodik; (2) Faktor pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran BCCT adalah: (a) kurikulumnya sudah terstruktur yang membantu pendidik dalam membuat RKM dan RKH, (b) hubungan interaksi yang terjalin antara pendidik dengan orang tua sangat baik, (c) fasilitas atau sarana prasarana yang ada di PAUD SCA sangat mendukung proses pembelajaran BCCT, sedangkan faktor penghambatnya adalah: (a) pembagian waktu pendidik dalam membuat RKH, (b) pendidik kurang mampu mengembangkan ragam main dan menciptakan APE yang disesuaikan dengan tema, (c) terdapat beberapa ruang kelas yang terlalu sempit. Kata kunci: Pembelajaran Beyond Center and Circle Time (BCCT), Kelompok Bermain (KB).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pembelajaran Beyond Center and Circle Time (BCCT), Kelompok Bermain (KB).
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 11 Feb 2013 02:53
Last Modified: 29 Jan 2019 18:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9895

Actions (login required)

View Item View Item