Anastasia Endah , Anastika Dewi (2012) PERBEDAAN KEMAMPUAN MENYIMAK CERPEN ANTARA KELAS YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA WAYANG DAN KELAS YANG DIAJAR DENGAN TELLING SISWA KELAS V SD NEGERI DERESAN KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
|
Text
bab 1.pdf Download (37kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
bab 5.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
cover.pdf Download (8MB) | Preview |
|
|
Text
lampiran.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan menyimak cerpen antara kelas yang diajar menggunakan wayang dan telling siswa kelas V SD Negeri Deresan, Kabupaten Sleman. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Deresan dengan jumlah 59 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dokumentasi, dan wawancara. Hasil uji coba tes menunjukkan terdapat 5 butir yang tidak valid dari 35 butir soal dengan indeks reliabilitas 0,933. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan cara membandingkan mean kedua kelas. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diketahui terdapat perbedaan rerata nilai kemampuan menyimak cerpen antara kelas yang diajar menggunakan wayang dan telling. Kelas yang diajar menggunakan wayang memiliki rerata sebesar 86,33, sementara kelas yang diajar dengan menggunakan telling memiliki rerata sebesar 71,06. Kata-kata kunci : Kemampuan Menyimak Cerpen, Wayang, Telling
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Menyimak Cerpen, Wayang, Telling |
Subjects: | Perpustakaan Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 06 Feb 2013 01:38 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 18:20 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9853 |
Actions (login required)
View Item |