KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MULTIMEDIA PREZI PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN DI SMA N 2 BANGUNTAPAN BANTUL

ISMUNARSO TEGUH , ARIBOWO (2012) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MULTIMEDIA PREZI PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN DI SMA N 2 BANGUNTAPAN BANTUL. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB 1 - 08203244030.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - 08203244030.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - 08203244030.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER - 08203244030.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 08203244030.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan prestasi belajar keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Banguntapan yang diajar menggunakan multimedia Prezi dan yang diajar menggunakan media konvensional, (2) keefektifan penggunaan multimedia Prezi dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman daripada media konvensional. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Banguntapan yang berjumlah 121 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan random sampling. Berdasarkan pengambilan sampel diperoleh kelas XI IPS 2 (23 peserta didik) sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 1 (22 peserta didik) sebagai kelas kontrol. Data diperoleh melalui skor keterampilan menulis bahasa Jerman pada pre-test dan post-test. Penelitian ini memiliki 2 variabel yaitu penggunaan multimedia Prezi sebagai variabel bebas dan keterampilan menulis bahasa Jerman sebagai variabel terikat. Uji validitas menggunakan validitas isi dan validitas konstruk. Dari perhitungan didapat nilai r hitung = 0,529 > r Tabel 0,423 . Dengan demikian instrumen dinyatakan valid. Koefisien realibilitas sebesar 0,797. Analisis data menggunakan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan t hitung (sebesar 4,109) lebih besar dari pada t table ( sebesar 2,021), pada taraf sinifikansi α = 0,5 dan db sebesar 45. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa (1) ada perbedaan yang signifikan prestasi belajar dalam keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik antara kelompok yang diajar dengan menggunakan multimedia Prezi dan dengan media konvensional (2) penggunaan multimedia Prezi dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman lebih efektif dibandingkan dengan media konvensional. Hasil post-test kedua kelompok menunjukan bahwa rerata kelompok eksperimen sebesar 77,9130 sedangkan kelompok kontrol sebesar 73,9773 dan bobot keefektifan 5,5%. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa guru dapat menerapkan multimedia Prezi untuk meningkatkan keterampilan menulis bahasa Jerman, karena pembelajaran dengan menggunakan mPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan prestasi belajar keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Banguntapan yang diajar menggunakan multimedia Prezi dan yang diajar menggunakan media konvensional, (2) keefektifan penggunaan multimedia Prezi dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman daripada media konvensional. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Banguntapan yang berjumlah 121 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan random sampling. Berdasarkan pengambilan sampel diperoleh kelas XI IPS 2 (23 peserta didik) sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 1 (22 peserta didik) sebagai kelas kontrol. Data diperoleh melalui skor keterampilan menulis bahasa Jerman pada pre-test dan post-test. Penelitian ini memiliki 2 variabel yaitu penggunaan multimedia Prezi sebagai variabel bebas dan keterampilan menulis bahasa Jerman sebagai variabel terikat. Uji validitas menggunakan validitas isi dan validitas konstruk. Dari perhitungan didapat nilai r hitung = 0,529 > r Tabel 0,423 . Dengan demikian instrumen dinyatakan valid. Koefisien realibilitas sebesar 0,797. Analisis data menggunakan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan t hitung (sebesar 4,109) lebih besar dari pada t table ( sebesar 2,021), pada taraf sinifikansi α = 0,5 dan db sebesar 45. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa (1) ada perbedaan yang signifikan prestasi belajar dalam keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik antara kelompok yang diajar dengan menggunakan multimedia Prezi dan dengan media konvensional (2) penggunaan multimedia Prezi dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman lebih efektif dibandingkan dengan media konvensional. Hasil post-test kedua kelompok menunjukan bahwa rerata kelompok eksperimen sebesar 77,9130 sedangkan kelompok kontrol sebesar 73,9773 dan bobot keefektifan 5,5%. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa guru dapat menerapkan multimedia Prezi untuk meningkatkan keterampilan menulis bahasa Jerman, karena pembelajaran dengan menggunakan multimedia Prezi lebih efektif daripada pembelajaran dengan media konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jerman
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 06 Feb 2013 01:37
Last Modified: 29 Jan 2019 18:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9845

Actions (login required)

View Item View Item