PERBEDAAN HASIL BELAJAR KOGNITIF IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DAN STAD PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH MUTIHAN WATES

Shintalasmi, Yulia and Mujinem, Mujinem (2012) PERBEDAAN HASIL BELAJAR KOGNITIF IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DAN STAD PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH MUTIHAN WATES. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran.pdf

Download (34MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif IPS menggunakan model pembelajaran kooperatif Jigsaw dan STAD pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah Mutihan Wates. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah Mutihan Wates yang berjumlah 46 siswa, yang terdiri dari 23 siswa untuk kelompok eksperimen dan 23 siswa untuk kelompok kontrol. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif Jigsaw dan STAD.Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar kognitif IPS menggunakan model pembelajaran kooperatif Jigsaw dan STAD pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah Mutihan Wates. Hal tersebut terbukti dari rata-rata hasil belajar kognitif IPS kelompok eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif Jigsaw dan kelompok kontrol yang menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD selama tiga pertemuan. Hasil belajar kognitif IPS pertemuan pertama kelompok eksperimen mendapatkan 68,26 sedangkan kelompok kontrol mendapatkan 67,39. Perbedaan hasil belajar kognitif IPS pertemuan pertama pada kedua kelompok adalah 0,87. Hasil belajar kognitif IPS pertemuan kedua kelompok eksperimen mendapatkan 75,22 sedangkan kelompok kontrol mendapatkan 73,91. Perbedaan hasil belajar kognitif IPS pertemuan kedua pada kedua kelompok adalah 1,31. Hasil belajar kognitif IPS pertemuan ketiga kelompok eksperimen mendapatkan 77,39 sedangkan kelompok kontrol mendapatkan 74,35. Perbedaan hasil belajar kognitif IPS pertemuan ketiga pada kedua kelompok adalah 3,04. Secara umum, kedua jenis model pembelajaran ini memiliki perbedaan dalam substansinya. Model pembelajaran kooperatif Jigsaw memiliki ciri utama yaitu adanya kelompok asal dan kelompok ahli. Model pembelajaran kooperatif STAD memiliki ciri utama yaitu adanya kerja tim (kerja kelompok). Dengan demikian dapat dikemukakan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif Jigsaw lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar kognitif IPS pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah Mutihan Wates.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar kognitif, ilmu pengetahuan sosial, model pembelajaran kooperatif Jigsaw, model pembelajaran kooperatif STAD
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 06 Feb 2013 01:31
Last Modified: 03 Oct 2019 02:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9829

Actions (login required)

View Item View Item