UPAYA MENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK FIELD TRIP BERBASIS LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS XI SMA AL-MUAYYAD SURAKARTA

Riza, Anastasia (2012) UPAYA MENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK FIELD TRIP BERBASIS LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS XI SMA AL-MUAYYAD SURAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover - NIM. 05104244028.pdf

Download (582kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 - NIM. 05104244028.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - NIM. 05104244028.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - NIM. 05104244028.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - NIM. 05104244028.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar melalui bimbingan kelompok field trip berbasis lingkungan pada siswa kelas XI SMA Al-Muayyad Surakarta. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research). Subjek pada penelitian ini adalah siswa laki-laki kelas XI di SMA Al-Muayyad Surakarta. Subjek penelitian ini diambil 15 siswa dengan teknik purposive sampling. Tempat yang digunakan untuk penelitian adalah Pondok Pesantren Al-Muayyad Surakarta. Penelitian ini menggunakan dua siklus. Siklus berisi dua tindakan yang disesuaikan dengan indikator yang ingin ditingkatkan dengan menggunakan bimbingan kelompok field trip berbasis lingkungan yang selalu berbeda untuk mendapatkan hasil sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Pemberian tindakan akan dihentikan apabila motivasi belajar siswa mencapai sangat tinggi dan presentase rata-rata skor motivasi belajar anak mencapai 75%. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan skala motivasi belajar, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam tindakan ini deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa layanan bimbingan kelompok field trip berbasis lingkungan dapat meningkatkan motivasi belajar pada siswa kelas XI SMA di Pondok Pesantren Al-Muayyad Surakarta tahun 2012. Hal ini dapat dilihat dari hasil perbandingan antara skor pra tindakan 112,2, skor tindakan I 133,9 dan tindakan II 141,8 yang mengalami peningkatan motivasi belajar pada siswa kelas XI. Kata kunci : motivasi belajar, field trip berbasis lingkungan, siswa kelas XI.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, field trip berbasis lingkungan, siswa kelas XI.
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Pendidikan > Bimbingan
Pendidikan > Konseling
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
?? ppb ??
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 06 Feb 2013 01:11
Last Modified: 29 Jan 2019 18:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9814

Actions (login required)

View Item View Item