MENINGKATKAN CIVIC KNOWLEDGE PADA SISWA KELAS VI A SD PIYUNGAN BANTUL MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS(TGT)

SUHARMI, SUHARMI (2012) MENINGKATKAN CIVIC KNOWLEDGE PADA SISWA KELAS VI A SD PIYUNGAN BANTUL MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS(TGT). S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Bab 1 - 10108247117.pdf

Download (152MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2 - 10108247117.pdf

Download (152MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4 - 10108247117.pdf

Download (152MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3 - 10108247117.pdf

Download (152MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5 - 10108247117.pdf

Download (152MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover - 10108247117.pdf

Download (152MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran - 10108247117.pdf

Download (152MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan civic knowledge siswa kelas VI A SD Piyungan Bantul melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournaments (TGT) pada mata pelajaran PKn. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model penelitian yang dikembangkan oleh Kemmis & Taggart. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VIA SD Piyungan Bantul. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas instrumen yang digunakan adalah content validity (validitas isi), materi divalidasi dengan expert judgement validity (pendapat para ahli). Data peningkatan civic knowledge dapat dilihat dari tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan, melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT siklus I dimana dalam proses pembelajaran 82% siswa bisa aktif, antusias dalam game, dan adanya hadiah yang menarik di akhir game membuat siswa semakin tertarik mengikuti pelajaran. Namun kelemahan siklus I, penyajian kelas belum menarik, diskusi siswa belum aktif semua, langkahlangkah game masih bingung, sehingga hasil tes formatif siklus I sebenarnya sudah meningkat tetapi belum melampaui target penelitian yaitu 75% siswa mencapai KKM. Adapun nilai rerata siklus I 76,82, naik 12,9 dari pratindakan (63,94). Persentase pencapaian KKM meningkat menjadi 73% naik 43% dari pratindakan (30%). Hasil penelitian menunjukkan, melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT siklus II yang diperbaiki yaitu penyajian kelas menggunakan proyektor LCD agar menarik, saat diskusi siswa yang kurang percaya diri diberi motivasi, langkah-langkah permainan dijelaskan lagi sehingga siswa tidak bingung, di akhir game juga diberi hadiah yang menarik, maka hasilnya rerata nilai tes formatif 90,3 meningkat 14,3 dari siklus I, dan meningkat 26,4 dari pratindakan. Persentase pencapaian KKM sebesar 94% meningkat 21% dari siklus I sudah melampaui target penelitian yaitu 75%. Jadi jelas di sini bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT, dapat meningkatkan civic knowledge siswa kelas VIA SD Piyungan Bantul. Kata kunci: civic knowledge, model pembelajaran kooperatif tipe TGT

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: civic knowledge, model pembelajaran kooperatif tipe TGT.
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 05 Feb 2013 02:54
Last Modified: 29 Jan 2019 18:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9806

Actions (login required)

View Item View Item