PENINGKATAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA JAWA MELALUI BLOG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 CANDIMULYO MAGELANG

Ahsan , Fahrudin (2012) PENINGKATAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA JAWA MELALUI BLOG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 CANDIMULYO MAGELANG. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER - 06205244111.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB1 - 06205244111.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB2 - 06205244111.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB3 - 06205244111.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB4 - 06205244111.pdf

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB5 - 06205244111.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 06205244111.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar bahasa Jawa dengan blog sebagai media pembelajaran. Kegiatan belajar mengajar bahasa Jawa kelas XI IPA-1 SMA Negeri 1 Candimulyo masih kurang mandiri. Bertolak dari kenyataan inilah maka penelitian ini dilaksanakan, dengan upaya untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa mata pelajaran bahasa Jawa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA-1 SMA Negeri 1 Candimulyo Magelang Tahun Ajaran 2009/2010 dengan jumlah siswa sebanyak 25 siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus dengan dua kali pertemuan di setiap siklusnya. Rancangan penelitian tindakan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data diperoleh dari observasi, wawancara, angket, tes dan catatan lapangan. Validitas penelitian yang digunakan adalah validitas demokrasi, validitas proses, dan validitas dialogik. Reliabilitas dilakukan dengan cara diskusi teman sejawat. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Hasil penelitian ini adalah blog sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar siswa bahasa Jawa pada siswa kelas XI IPA-1 SMA Negeri 1 Candimulyo Magelang. Hal ini ditandai dengan peningkatan hasill prosentase angket respon siswa indikator kemandirian belajar siswa yang berupa motivasi sebelum tindakan hingga setelah tindakan siklus I yaitu dari 39,5% menjadi 66%, kemudian menjadi 83,5% pada siklus II. Berupa kedisiplinan sebelum tindakan hingga setelah tindakan siklus I yaitu dari 40% menjadi 68,25%, kemudian menjadi 86,5% pada siklus II. Berupa inisiatif dan kreatif sebelum tindakan hingga setelah tindakan siklus I yaitu dari 47,75% menjadi 60,5%, kemudian menjadi 81,75% pada siklus II. Berupa tanggung jawab sebelum tindakan hingga setelah tindakan siklus I yaitu dari 46,25% menjadi 71,5%, kemudian menjadi 82,25% pada siklus II. Peningkatan prestasi belajar dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata pretest sebelum menggunakan media blog sebesar 58,4, pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 66, kemudian pada siklus II mengalami peningkatan kembali menjadi 75,12. Selain itu, berdasarkan pengamatan selama penelitian berlangsung terdapat keberhasilan proses berupa peningkatan hasil indikator kemandirian belajar siswa yang berbentuk motivasi, kedisiplinan, inisiatif dan kreatif, serta tanggung jawab.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jawa > Pendidikan Jawa
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Daerah
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 06 Feb 2013 01:08
Last Modified: 02 Oct 2020 08:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9804

Actions (login required)

View Item View Item