PENGEMBANGAN INVENTORI KESIAPAN KERJA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN JURUSAN ANIMASI

Novi, Nur (2012) PENGEMBANGAN INVENTORI KESIAPAN KERJA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN JURUSAN ANIMASI. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Bab 1 - 07104244042.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2 - 07104244042.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3 - 07104244042.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4 - 07104244042.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5 - 07104244042.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover - 07104244042.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran - 07104244042.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan inventori kesiapan kerja siswa SMK jurusan animasi yang memenuhi persyaratan validitas dan reliabilitas. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Subjek yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah ahli yang berkompeten (expert) dan siswa kelas XII jurusan animasi, pengambilan subjek dengan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah instrumen penilaian ahli dan siswa dalam bentuk angket. Prosedur pengembangan inventori kesiapan kerja siswa SMK jurusan animasi mengacu pada langkahlangkah dasar perancangan dan penyusunan skala psikologi dari Saifuddin Azwar yang terdiri dari: 1) identifikasi tujuan ukur, 2) operasional konsep, 3) penskalaan dan pemilihan format stimulus, 4) penulisan item, 5) uji coba, 6) analisis item, 7) kompilasi I seleksi item, 8) pengujian reliabilitas, 9) validita item, 10) kompilasi II format final. Teknik analisis data untuk validitas isi adalah pendapat ahli yang berkompeten (expert judgment) dan untuk menghitung validitas item digunakan teknik korelasi item-total Product Moment Pearson dan untuk mengitung koefisien reliabilitas menggunakan teknik analisis Alfa Cronbach sedangkan data kualitatif hasil penilaian ahli dan 30 siswa SMK jurusan animasi berupa masukan, saran, kritik serta tanggapan dideskripsikan sesuai data yang ada. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa inventori kesiapan kerja siswa SMK jurusan animasi telah layak digunakan setelah sebelumnya dilakukan beberapa revisi sesuai saran dan secara keseluruhan dinyatakan memenuhi validitas isi. Uji coba tahap I pada 30 siswa jurusan animasi menunjukkan bahwa setiap item mudah dipahami. Dan hasil uji statistik menunjukkan dari 63 item dengan koefisien reliabilitas 0, 958 terdapat 5 item yang memiliki korelasi item total ≤ 0, 30 dan dinyatakan gugur yaitu no. 16, 23, 29, 43, dan 59. Uji coba tahap II dilakukan pada 60 siswa jurusan animasi hasil statistik menunjukkan dari 58 item dengan koefisien 0, 959 terdapat 2 item yang memiliki korelasi item total ≤ 0, 30 dan dinyatakan gugur yaitu no. 25 dan 27. Format final inventori kesiapan kerja siswa SMK jurusan animasi ini menghasilkan 56 item valid dan reliabel sehingga layak digunakan sebagai instrumen. Kata kunci: inventori, kesiapan kerja, siswa SMK jurusan animasi

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: inventori, kesiapan kerja, siswa SMK jurusan animasi
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
?? ppb ??
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 05 Feb 2013 01:40
Last Modified: 29 Jan 2019 18:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9794

Actions (login required)

View Item View Item