Bahaddur, Muslikh and Handayani, Maria Margaretha Wahyuningrum (2012) PARTISIPASI ORANG TUA SISWA DALAM PEMBELAJARAN DI SD ISLAM TERPADU SALMAN AL FARISI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Bab 1 -05101241004.pdf Download (59kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2 -05101241004.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3 - 05101241004.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4 -05101241004.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5 - 05101241004.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text
Cover - 05101241004.pdf Download (343kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran - 05101241004.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) bentuk-bentuk partisipasi, 2) pelaksanaan partisipasi, 3) manfaat partisipasi dan 4) faktor yang mempengaruhi partisipasi dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah dua orang tua siswa yang menjabat sebagai wakil komite kelas V, dan sekretaris komite kelas V, satu guru kelas yaitu walikelas V. Teknik pengumpulan data adalah teknik wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian: (1) bentuk partisipasi orang tua siswa kelas V ada empat macam. Pertama partisipasi finansial, yaitu pendanaan dalam program kunjungan edukatif, mabit motivasi, market day, dan family gathering. Kedua partisipasi sarana, yaitu pengadaan transportasi dan konsumsi setiap kegiatan eksternal yaitu kunjungan edukatif dan family gathering serta penunjang belajar di kelas yaitu sumbangan buku pustaka, alat peraga matematika, konsumsi snack siswa. Ketiga partisipasi keahlian dan tenaga, partisipasi keahlian yaitu dalam program parent teaching, career day, qiro’ati, sharing internet sehat, penyuluhan kesehatan, dan partisipasi tenaga yaitu dalam kepanitiaan program, mengantar lomba/olimpiade. Keempat partisipasi moril yaitu memberikan sumbangan ide/gagasan/saran dalam program peningkatan pembelajaran, saran/kritik dalam KBM. (2) Pelaksanaan partisipasi orang tua siswa kelas V terorganisir melalui musyawarah dan koordinasi komite kelas rutin maupun insidental. (3) Manfaat partisipasi orang tua siswa kelas V yaitu (a) memberikan dukungan positif dan berarti baik moril maupun materi, (b) rasa memiliki sekolah sehingga orang tua siswa merasa bertanggung jawab dalam proses pembelajaran anak, (c) diperolehnya keputusan yang terbaik, (d) dapat digunakan kemampuan berpikir kreatif dari para anggotanya. (4) faktor yang mempengaruhi partisipasi orang tua siswa kelas V yaitu faktor kepedulian (rasa memiliki sekolah yang tinggi, presensi kehadiran rapat komite kelas tinggi), tingkat pendidikan/ profesi(orang tua siswa sebagian besar berpendidikan tinggi dan berprofesi sebagai dokter, bidan, guru, dosen) dan faktor ekonomi (50 % lebih orang tua siswa berpenghasilan tinggi).
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | partisipasi orang tua, pembelajaran, SD Islam Terpadu |
Subjects: | Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 05 Feb 2013 01:25 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:48 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9785 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |