PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI SOAL CERITA MELALUI PENDEKATAN CTL PADA SISWA KELAS IV SD N SERANG KECAMATAN PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO

Indah, Cahyani (2012) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI SOAL CERITA MELALUI PENDEKATAN CTL PADA SISWA KELAS IV SD N SERANG KECAMATAN PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover -.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika pada materi soal cerita khususnya pokok bahasan pecahan melalui pendekatan CTL pada siswa kelas IV SD N Serang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif. Peneliti berkolaborasi dengan guru sebagai pengamat atau observer, sedangkan guru yang melaksanakan pembelajarannya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N Serang yang berjumlah 29 siswa. Penelitian tindakan dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Pada setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan tes. Pada setiap akhir siklus dilaksanakan tes yang digunakan untuk mengukur prestasi belajar peserta didik. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif untuk menganalisis hasil pengamatan dan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis hasil tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan CTL dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas IV pada materi soal cerita khususnya pokok bahasan pecahan. Peningkatan prestasi belajar tersebut dapat terlihat pada kondisi awal nilai rata-rata siswa 59,9 dengan 37,93% siswa tuntas belajar. Setelah dikenai tindakan siklus I nilai rata-rata siswa menjadi 67,8 dengan 55,2% siswa tuntas belajar. Selanjutnya setelah dikenai tindakan siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 80,7 dengan 86,2% siswa tuntas belajar. Hasil tes siklus II dapat menunjukkan bahwa indikator keberhasilan sudah tercapai. Kata kunci : prestasi belajar, pendekatan CTL, matematika

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: prestasi belajar, pendekatan CTL, matematika
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 05 Feb 2013 01:07
Last Modified: 29 Jan 2019 18:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9782

Actions (login required)

View Item View Item