HUBUNGAN ADVERSITY QUOTIENT DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 1 TEMPEL

Nurfiana, Alfiyah (2012) HUBUNGAN ADVERSITY QUOTIENT DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 1 TEMPEL. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB 1 - 07104244092.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - 07104244092.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - 07104244092.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER - 07104244092.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 07104244092.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara adversity quotient dengan prestasi belajar matematika semester gasal pada siswa kelas IX A SMP Negeri 1 Tempel. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa pada kelas IX A SMP Negeri 1 Tempel yang berjumlah 36 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan skala adversity quotient dan tes standar matematika. Validitas skala diuji menggunakan rumus korelasi product moment dari Pearson dan reliabilitas skala diuji menggunakan rumus alpha cronbach. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sebagian besar siswa kelas IX A SMP Negeri 1 Tempel memiliki tingkat adversity quotient pada kategori kecenderungan tinggi (positif) sebesar 86,1%. (2) Prestasi belajar matematika pada siswa kelas IX A SMP Negeri 1 Tempel berada pada kategori tinggi sebesar 61,1%. (3) Terdapat hubungan positif antara adversity quotient dengan prestasi belajar matematika pada siswa kelas IX A SMP Negeri 1 Tempel. (4) Hasil analisis korelasi menunjukkan koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,469 yang menunjukkan bahwa 46,9% prestasi belajar matematika diakibatkan karena adversity quotient. Artinya, 53,1% prestasi belajar matematika pada siswa kelas IX A SMP Negeri 1 Tempel dipengaruhi oleh variabel lain. Kata kunci : adversity quotient, prestasi belajar matematika

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: adversity quotient, prestasi belajar matematika
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
?? ppb ??
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 05 Feb 2013 00:55
Last Modified: 29 Jan 2019 18:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9771

Actions (login required)

View Item View Item