Didit Setyo , Bekti (2012) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA SISWA KELAS V SD NEGERI NGEBUNG BERAN TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
|
Text
BAB 1 -08108244130.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2-08108244130.pdf Download (245kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5-08108244130.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text
COVER -08108244130.pdf Download (667kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN-08108244130.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran menggunakan media powerpoint pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas V SD Negeri Ngebung Beran, Dusun Bugel, Panjatan, Kulon Progo dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan powerpoint sebagai media pembelajaran tehadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa kelas V SD Negeri Ngebung Beran, Dusun VII Bugel, Panjatan, Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment). Variabel terikat dalam penelitian ini adalah prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri Ngebung Beran, sedangkan variabel bebasnya adalah media powerpoint. Desain penelitiannya yaitu nonequivalent control group design. Subyek penelitian ini terdiri dari dua kelas. Penentuan kelompok kontrol dan eksperimen yang yaitu dengan cara pengundian. Kelas VA sebagai kelompok kotrol dalam pembelajaranya konvensional dan kelas VB sebagai kelompok eksperimen dalam pembelajaran menggunakan media powerpoint. Penelitian ini menggunakan populasi sebagai subyek penelitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa lembar observasi, dokumentasi dan tes prestasi belajar IPA. Analisis data obsevasi menggunakan deskriptif dan hasil tes menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan media powerpoint berpengaruh sangat positif terhadap prestasi belajar IPA. Hal ini dilihat dengan adanya perbedaan hasil post test antara kelompok ekperimen dengan kelompok kontrol. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai sign 0,008 < 0,01, yang berarti ada perbedaan yang sangat signifikan hasil post test antara kelompok ekperimen dengan kelompok kontrol. Pelaksanaan pembelajaran pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang menggunakan media powerpoint berlangsung kondusif dan lebih efektif. Aktifitas siswa kelompok eksperimen lebih baik/tinggi dari pada aktifitas siswa kelompok kontrol yang berarti bahwa pembelajaran yang menggunakan media powerpoint dapat meningkatkan aktifitas siswa. Kata Kunci: media powerpoint, prestasi belajar, Ilmu Pengetahuan Alam.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media powerpoint, prestasi belajar, Ilmu Pengetahuan Alam. |
Subjects: | Perpustakaan Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 04 Feb 2013 03:36 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 18:16 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9723 |
Actions (login required)
View Item |