PELAKSANAAN PROGRAM EVALUASI DIRI SEKOLAH (EDS) DI SMP NEGERI 2 TEMPEL

Dodi Ardi , Kurniadi (2012) PELAKSANAAN PROGRAM EVALUASI DIRI SEKOLAH (EDS) DI SMP NEGERI 2 TEMPEL. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB 1-08110241019.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2-08110241019.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5-08110241019.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER-08110241019.pdf

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN -08110241019.pdf

Download (137MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) pelaksanaan program Evaluasi Diri Sekolah; 2) faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan program Evaluasi Diri Sekolah di SMP Negeri 2 Tempel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian terdiri atas tutor program EDS, pengawas, kepala sekolah, guru, dan komite sekolah. Untuk teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun dalam analisis data, penelitian ini melalui tiga tahapan analisis yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) program Evaluasi Diri Sekolah (EDS) di SMP Negeri 2 Tempel telah dilaksanakan. Hal ini dapat terlihat dari beberapa kriteria seperti: a) kesiapan LPMP sebagai unit pelaksana teknis program EDS; b) pelaksana program telah mengerti tujuan dan sasaran kebijakan; c) para aktor pelaksana telah disiapkan untuk menerima tanggung jawab pelaksanaan program; d) koordinasi pelaksanaan telah dilakukan dengan baik; e) para aktor pelaksana telah menjalankan perannya masing-masing; f) ada kriteria akan keberhasilan pelaksanaan program EDS; 2) faktor yang mempengaruhi program EDS terbagi menjadi dua yakni: a) faktor pendukung seperti: perhatian Dinas Pendidikan dan Olahraga terhadap sekolah, kepercayaan komite sekolah, komunikasi para pelaksana program EDS, kemandirian sekolah, sarana prasarana yang ada, kekompakan serta komitmen dari pendidik dan tenaga kependidikan; b) faktor yang menghambat meliputi: perubahan komponen instrumen EDS yang membingungkan sekolah, pengawas kurang memberikan masukan untuk perkembangan sekolah, pemahaman guru yang kurang akan program EDS, keterbatasan waktu yang dimiliki guru dalam pengumpulan data karena adanya kegiatan sekolah, serta sekolah masih belum jujur dalam mengisi instrumen EDS. Kata kunci: program evaluasi diri sekolah

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: program evaluasi diri sekolah
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 01 Feb 2013 06:49
Last Modified: 29 Jan 2019 18:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9705

Actions (login required)

View Item View Item