PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN MEKANIK DASAR KELISTRIKAN KELAS X DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA

AAN SURYA , PUTRA (2012) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN MEKANIK DASAR KELISTRIKAN KELAS X DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover -07518241022.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1-07518241022.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2-07518241022.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5-07518241022.pdf

Download (27kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran Example Non Example dapat meningkatkan hasil belajar dan perubahan aktivitas belajar siswa kelas X Program Keahlian TITL (Teknik Instalasi Tenaga Listrik) pada mata pelajaran Pekerjaan Mekanik Dasar Kelistrikan. Hasil penelitian yang dilakukan sebagai masukan dalam pemilihan metode pembelajaran yang sesuai. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus. Siklus I sebanyak 2 pertemuan, dan siklus II sebanyak 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 30 siswa kelas X TITL 4 SMK Negeri 2 Yogyakarta. Obyek penelitian ini adalah keseluruhan proses pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Example Non Example kelas X TITL 4 di SMK Negeri 2 Yogyakarta. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi, tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran Example Non Example dapat: 1) meningkatkan aktivitas belajar siswa, yaitu ditunjukkan dengan meningkatnya aktivitas positif siswa siklus I ke siklus II, yaitu 12,50% dan menurunnya aktivitas negatif siswa siklus I ke siklus II, yaitu 6,67%. 2) dapat meningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas siswa mempengaruhi hasil belajar siswa, dilihat dari peningkatan nilai siswa pada setiap siklus. Nilai siswa yang tuntas pada siklus I, yaitu pre test sebanyak 5 siswa (16,67%), post test 1 sebanyak 18 siswa atau (60%), dan siklus II, yaitu post test 2 menjadi 26 siswa atau (86,67%). Nilai rata-rata kelas pada tes siklus I, yaitu saat pre test adalah 71,33, post test 1 adalah 75,50 dan pada tes siklus II menjadi 81,67. Kata kunci : metode pembelajaran Example Non Example, aktivitas belajar, hasil belajar. vii

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran Example Non Example, aktivitas belajar, hasil belajar. vii
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 28 Jan 2013 02:55
Last Modified: 29 Jan 2019 18:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9697

Actions (login required)

View Item View Item