KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN ANAK TUNAGRAHITA SEDANG DI KELAS 2 SDLB SLB INSAN MANDIRI DLINGO

Pandu Langgeng , Wibisono (2012) KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN ANAK TUNAGRAHITA SEDANG DI KELAS 2 SDLB SLB INSAN MANDIRI DLINGO. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripiskan kemampuan menulis permulaan dan kendala yang dihadapi anak tunagrahita sedang kelas 2 SDLB di SLB Insan Mandiri Dlingo dalam menulis permulaan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang mengambil subjek penelitian adalah siswa tunagrahita sedang kelas 2 SDLB SLB Insan Mandiri Dlingo. Waktu penelitian dimulai dari tanggal tanggal 18 Maret 2012 sampai 18 April 2012. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa pedoman observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan memperpanjang keikutsertaan, pengamatan, dan triangulasi dengan sumber. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif yang dilakukan dengan reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kemampuan menulis permulaan pada subjek ST belum mampu, terlihat anak belum mampu untuk menebalkan seperti bentuk garis, huruf, dan angka. Kemampuan menulis permulaan pada subjek WI sudah mampu, terlihat anak sudah mampu untuk menebalkan bentuk garis lurus seperti garis horizontal dan vertikal, angka 1 dan 7, huruf A dan I tetapi belum mampu untuk menebalkan bentuk garis lengkung, seperti huruf O dan U, angka 2 dan 3. Kendala yang dihadapi oleh kedua subjek adalah subjek kurang berkonsentrasi. Sehingga jika salah satu subjek mengajak berbicara maka subjek satunya akan meninggalkan pekerjaannya. Selain itu kedua subjek juga terlihat sering melamun saat mengerjakan tugasnya. Kata kunci : Kemampuan menulis permulaan, anak tunagrahita sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan menulis permulaan, anak tunagrahita sedang.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 01 Feb 2013 06:12
Last Modified: 29 Jan 2019 18:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9688

Actions (login required)

View Item View Item