MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 KOKOSAN PRAMBANAN KLATEN

Listya Lorna , Mita (2012) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 KOKOSAN PRAMBANAN KLATEN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (2860Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (4Mb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (4Mb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (4082Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi melalui pendekatan kontekstual pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Kokosan Prambanan Klaten. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan bentuk kolaborasi. Desain penelitian dalam penelitian ini menggunakanmodel Kemmis dan McTaggart. Langkahnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Kokosan yang berjumlah16 orang, terdiri dari tujuh siswa laki- laki dan sembilan perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Validasi lembar observasi menggunakan validitas isi, sementara tes menggunakanexpert judgment. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif untuk mengetahui data hasil penelitian.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan kontekstual dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SD Negeri 2 Kokosan. Hasil nilai rata-rata kelas pada pratindakan adalah 66,18, untuk nilai ketuntasannya 3 siswa atau 18,75%, dan belum tuntas 13 siswa atau 81,25%. Hal ini belum memenuhi nilai KKM yaitu ≥70. Hasil tindakan pada siklus I menggunakan media gambar lingkungan sekolah sebagai sumber yang diamati siswa. Peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi pada siklus I nilai rata-rata kelas 70,18, untuk nilai ketuntasannya 9 siswa atau 56,25%, dan belum tuntas 7 siswa atau 43,75%. Berarti ada kenaikan pratindakan ke siklus I. Tindakan pada siklus II siswa diajak keluar kelas untuk langsung mengamati lingkungan sekitar sekolah. Peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi pada siklus II ditunjukkan nilai rata-rata kelas 75,56, untuk nilai ketuntasan ada13 siswa atau 81,25%, dan belum tuntas 3 siswa 18,75%. Selain itu keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran juga meningkat. Siswa jadi lebih bisa memahami jika diberikan banyak contoh yang ada di sekitar lingkungan siswa. Berarti nilai menulis karangan deskripsi dan keaktifan siswa mengalami peningkatan dari pratindakan ke siklus I dan ke siklus II. Kata kunci: keterampilan menulis karangan deskripsi dan pendekatan kontekstual.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis karangan deskripsi dan pendekatan kontekstual.
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints Depositor
Date Deposited: 01 Feb 2013 06:12
Last Modified: 01 Feb 2013 06:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9687

Actions (login required)

View Item View Item