PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH SURYOWIJAYAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011-2012

Gustina, Iriastuti (2012) PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH SURYOWIJAYAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011-2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover - 09108247002.pdf

Download (11MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 - 09108247002.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 09108247002.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - 09108247002.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - 09108247002.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah Suryowijayan tahun ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc.Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdapat kegi atan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah 13 siswa kelas IV SD Muhammadiyah Suryowijayan Yogyakarta. Objek penelitian adalah proses dan hasil belajar IPS siswa melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT). Teknik pengumpulan data diperoleh dengan tes (tes hasil belajar) dan non tes (observasi). Sebelum digunakan dalam penelitian, tes divalidasi secara expert judgement. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan digunakannya model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan proses dan hasi l belajar IPS. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan hasil tes pra tindakan ada 2 siswa atau 15 % yang mendapat nilai ≥ 70. Setelah dilakukan tindaka n dengan model pembelajaran TGT di siklus I, ada 10 siswa atau 77% yang mendapat nilai ≥ 70. Demikian pula setelah dilakukan perbaikan dengan memv ariasi model pembelajaran TGT di siklus II dapat meningkatkan hasil belajar IPS sisw a, ditandai ada 12 siswa atau 92 % yang mendapat nilai ≥ 70. Nilai rata-rata ha sil tes meningkat, pada siklus I 80 sedangkan pada siklus II 85. Proses pembelajaran juga meningkat, siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran, hal itu ditandai dengan se banyak 69% siswa aktif pada pertemuan pertama, dan meningkat menjadi 77% pada pertemuan kedua di siklus 1. Sedangkan siklus 2 pada pertemuan pertama sebanyak 92% siswa sudah aktif dan pertemuan kedua menjadi 100% siswa yang aktif. Kata kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif, Team Game Tournament

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif, Team Game Tournament
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 01 Feb 2013 06:12
Last Modified: 29 Jan 2019 18:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9684

Actions (login required)

View Item View Item