PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENCETAK KONBLOK BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS LUAR BIASA DI SEKOLAH LUAR BIASA PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA MINGGIR SLEMAN YOGYAKARTA

Parjimin, Parjimin (2012) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENCETAK KONBLOK BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS LUAR BIASA DI SEKOLAH LUAR BIASA PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA MINGGIR SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
bab 1 -08103249015.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 -08103249015.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 -08103249015.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover -08103249015.pdf

Download (696kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran -08103249015.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) pelaksanaan proses pembelajaran keterampilan mencetak konblok pada siswa tunagrahita ringan di SLB PGRI Minggir Sleman (2) kesulitan yang dihadapi guru dan siswa (3) usaha yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan siswa dalam pembelajaran keterampilan mencetak konblok. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, subjek penelitian ada 2 siswa tunagrahita dan seorang guru. Penelitian dilaksanakan dari tanggal 02 Pebruari 2012 sampai 02 Mei 2012. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik perpanjangan keikutsertaan, pengamatan terus-menerus dan triangulasi. Analisa dilakukan dengan reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitiannya adalah (1) pembelajaran keterampilan mencetak konblok diawali dengan pemahaman kondisi subjek, menetapkan tujuan dengan indikator: menyebutkan alat dan bahan, memasang cetakan, membuat adonan, memasukkan adonan, memadatkan adonan, melepaskan cetakan, mencetak konblok dengan rapi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan individual dengan metode diskusi, pemberian tugas dan demonstrasi, waktu 12 jam pelajaran, 3 kali seminggu, pelaksanaan dilakukan selama 3 bulan. Evaluasi dilaksanakan selama proses pembelajaran dan produk akhir (2) kesulitan yang dihadapi guru yaitu penyampaian materi secara utuh, siswa mudah lupa, dan perbedaan kemampuan siswa (3) upaya mengatasi kesulitan yaitu guru membagi materi dengan tahapan kecil dan berulangulang, pelayanan secara individual. Kata kunci : keterampilan konblok, tunagrahita ringan, SMALB-C PGRI Minggir.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keterampilan konblok, tunagrahita ringan, SMALB-C PGRI Minggir.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 30 Jan 2013 06:17
Last Modified: 29 Jan 2019 18:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9565

Actions (login required)

View Item View Item