UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN LOMPAT TINGGI MELALUI PEMANFAATAN ALAT KOTAK/BOX PADA SISWA KELAS V MI MA’ARIF NU PATIKRAJA TAHUN PELAJARAN 2011/2012

TRI YUGO , ARI PAMILU (2012) UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN LOMPAT TINGGI MELALUI PEMANFAATAN ALAT KOTAK/BOX PADA SISWA KELAS V MI MA’ARIF NU PATIKRAJA TAHUN PELAJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1 - 10604227469.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 - 10604227469.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - 10604227469.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - 10604227469.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 10604227469.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran lompat tinggi melalui pemanfaatan alat kotak/box pada siswa kelas V MI Ma’arif NU Patikraja Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2011 / 2012. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V MI Ma’arif NU Patikraja berjumlah 19 siswa. Penelitian berlangsung dari bulan Mei sampai Juni 2012, pada semester genap tahun pelajaran 2011-2012. Pengamatan yang dilakukan dalam penelitian ini terdiri dari 3 aspek yaitu aspek psikomotor(unjuk kerja), aspek afektif (sikap), dan aspek kognitif (pemahaman konsep). Indikator aspek psikomotor terdiri dari cara melakukan awalan, tolakan, sikap badan di atas mistar, dan mendarat. Indikator afektif terdiri dari keaktifan dalam mengikuti pembelajaran, disiplin dalam mengikuti pembelajaran, dan semangat dalam mengikuti pembelajaran. Sedangkan data yang dikumpulkan dalam aspek kognitif berupa soal pertanyaan pemahaman konsep. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik statistik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa pembelajaran lompat tinggi melalui pemanfaatan alat kotak/box pada siswa kelas V MI Ma’arif NU Patikraja, secara kualitatif bahwa observasi terhadap afektif, psikomotor dan hasil tes kognitif siswa pembelajaran lompat tinggi pada setiap pertemuan selalu ada peningkatan dengan kategori baik. Sedangkan secara kuantitatif diakhir pertemuan menunjukkan 90% lebih afektif, psikomotor, dan kognitif siswa dalam pembelajaran lompat tinggi dengan kategori (B) baik. Kata kunci : pembelajaran, lompat tinggi, kotak/box

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, lompat tinggi, kotak/box
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 16 Jan 2013 08:20
Last Modified: 29 Jan 2019 18:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9461

Actions (login required)

View Item View Item