IMPLEMENTASI DONGENG BONEKA DALAMMENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI WISMA POJOK DONGENG KLITREN KOTA YOGYAKARTA

Arief Insan , Mustakim (2012) IMPLEMENTASI DONGENG BONEKA DALAMMENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI WISMA POJOK DONGENG KLITREN KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
bab 1 -NIM.07102241028.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 -NIM.07102241028.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 -NIM.07102241028.pdf

Download (861kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover -NIM.07102241028.pdf

Download (713kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran -NIM.07102241028.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) Pelaksanaan program peningkatan kreatifitas anak usia dini di Wisma Pojok; (2) Bagaimana dampak setelah mengikuti program peningktatan kreativitas anak usia dini melalui dongeng boneka; (3) Faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam proses pelaksanaan program peningktatan kreativitas anak usia dini melalui bongeng boneka di Wisma Pojok Dongeng. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pengelola Wisma Pojok Dongeng, orang tua peserta didik di Wisma Pojok Dongeng. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik triangulasi yang digunakan dalam keabsahan data yaitu teknik triangulasi sumber data. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data diperoleh temuan penelitian bahwa: (1) Dalam pelaksanaan kegiatan peningkatan kreatifitas anak usia dini di Wisma Pojok dongeng mencakup tiga tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi; (2) Hasil implementasi dongeng boneka dalam kegiatan pengembangan kreatifitas anak usia dini di Wisma Pojok dongeng menunjukan sikap yang lebih aktif pada peserta didik dan mampu bersikap inovatif dan imajinatif dalam berfikir dan bertindak; (3) Faktor Pendukung (a) Semangat warga belajar yang tinggi dalam mengikuti kegiatan Wisma Pojok Dongeng; (b) Fasilitas sarana dan prasarana yang tersedia sesuai dengan kebutuhan; (c) Dukungan dari berbagai pihak, (4) Faktor penghambat yang dihadapi Wisma Pojok Dongeng dalam melaksanakan kegiatannya antara lain, (a) Pesertadidik memiliki karakteristik belajar yang berbeda-beda; (b) Waktu pelaksanaan kegiatan yang bisa sewaktu-waktu berubah; (c) Kegiatan pengelola di luar Wisma Pojok Dongeng; (d) Masalah internal yang dihadapi Wisma Pojok Dongeng seperti kekurangan dana yang terpaksa membuat para pengelola mengeluarkan biaya sendiri. Kata kunci: Implementasi Dongeng Melalui Media Boneka, Kreativitas, Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Dongeng Melalui Media Boneka, Kreativitas, Anak Usia Dini
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 14 Jan 2013 08:18
Last Modified: 29 Jan 2019 18:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9450

Actions (login required)

View Item View Item