Ristri , Rahayu (2012) KEEFEKTIFANPENERAPAN MODEL PEMBELAJARANSTUDENT FACILITATOR AND EXPLAININGTERHADAP AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJARPESERTA DIDIK KELAS XISEMESTER 2 SMA NEGERI2 TEMANGGUNGTAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
|
Text
cover - 08303244024.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1 - 08303244024.pdf Download (433kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2 - 08303244024.pdf Download (500kB) | Preview |
|
|
Text
bab 5 - 08303244024.pdf Download (386kB) | Preview |
|
|
Text
lampiran - 08303244024.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)ada tidaknya perbedaan aktivitas belajar peserta didik yang mengikuti proses pembelajaran menggunakan model pembelajaranStudent Facilitator and Explainingdengan yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran yang berorientasi pada pemrosesan informasi, (2) ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan yang mengikuti pembelajaran kimia menggunakan model pembelajaran yang berorientasi pada pemrosesan informasi, apabila pengetahuan awal peserta didik dikendalikan. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA semester 2 SMA Negeri 2 Temanggung tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 125 peserta didikyang terbagi dalam 4 kelas. Sampel penelitian ini berjumlah 62 peserta didik yang terbagi dalam 2 kelas yaitu kelas eksperimen dengan pembelajaran menggunakanmodelStudents Facilitator and Explaining(A1) dan kelas kontrol dengan pembelajaran menggunakanmodel pembelajaran yang berorientasi pada pemrosesan informasi(A2). Pengujian hipotesis menggunakan analisis kovarian satu jalur (Anakova A), analisis regresi linier satu prediktor, dan analisis deskriptif.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan aktivitas belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan modelStudent Facilitator and Explainingdenganyang mengikuti pembelajaran yang berorientasi pada pemrosesan informasi. Ada perbedaan yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar kimiapeserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Students facilitator and Explaining dengan yang mengikuti pembelajaran dengan model yang berorientasi pada pemrosesan informasi, apabila pengetahuan awal peserta didik dikendalikan dengan harga p = 0,005 (p<0,050). Ada hubungan yang positif dan tidak signifikan antara prestasi belajar kimia dengan pengetahuan awal kimia peserta didik dengam hargar 2 = 0,173 dan p = 0,001 (p≤0,050).Sumbangan efektif pengetahuan awal kimia yang diberikan sebesar 17,3%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia Perpustakaan |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 10 Jan 2013 03:28 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 18:05 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9408 |
Actions (login required)
View Item |