PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPETHINK PAIR SHARE(TPS)TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELASX SMA N 2 KROYA TAHUN AJARAN 2011/2012

Pogoh , Aribowo (2012) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPETHINK PAIR SHARE(TPS)TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELASX SMA N 2 KROYA TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER - 08303244035.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 - 08303244035.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - 08303244035.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - 08303244035.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 08303244035.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perbedaan peningkatan yang signifikan antara motivasi dan prestasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share, untuk pembelajaran hidrokarbon di kelas X SMA Negeri 2 Kroya tahun ajaran 2011/2012. Berdasarkan tujuan, penelitian ini termasuk penelitian eksperimen, dengan desain satu faktor (model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share) dan dua sampel (kelas eksperimen dan kelas kontrol). Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Kroya tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 134 peserta didik yang terdiri dari 4 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas X.1 (kelas eksperimen) dan kelas X.3 (kelas kontrol). Data yang diperoleh pada penelitian ini adalah data motivasi belajar yang dianalisis dengan uji-t dan data prestasi belajar kimia peserta didik yang diuji dengan uji anakova. Hasiluji-t sama subjek untuk motivasi peserta didik diperoleh nilai t 0 sebesar 3,452 dengan p=0,002 (p<0,05). Hal ini menunjukanada perbedaan peningkatan yang signifikan antaramotivasi belajar kimiapeserta didiksebelum dan sesudah proses pembelajaran kimia dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Hasil anakova menunjukkan bahwa ada perbedaanpeningkatanyang signifikan antara prestasi belajar kimiapeserta didikyang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think PairShare (TPS), denganpeserta didikyang mengikuti pembelajaran tanpamenggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think PairShare (TPS), jika pengetahuan awal peserta didikdikendalikan secara statistik (F0=5,988> Ftabel=3,99dan p hitung=0,016).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 10 Jan 2013 01:52
Last Modified: 29 Jan 2019 18:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9388

Actions (login required)

View Item View Item