PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA MATERI RUANG DIMENSI TIGA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK SMA KELAS X

Nisa Ul , Istiqomah (2012) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA MATERI RUANG DIMENSI TIGA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK SMA KELAS X. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover - 08301244038.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 - 08301244038.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 08301244038.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - 08301244038.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. LAMPIRAN - 08301244038.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. MODUL RUANG DIMENSI TIGA-08301244038.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan modul matematika materi ruang dimensi tiga berbasis pendidikan karakter dengan pendekatan kontekstual, (2) mengetahui kualitas modul matematika materi ruang dimensi tiga berbasis pendidikan karakter dengan pendekatan kontekstual ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan produk, berupa modul yang dikembangkan dengan pendekatan kontekstual pada materi ruang dimensi tiga untuk SMA kelas X. Dalam mengembangkan modul ini peneliti mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) yaitu:. (1) Analysis yang meliputi analisis materi, analisis bahan ajar dan analisis karakter peserta didik, (2) Design yang meliputi penyusunan modul dari aspek isi, bahasa, kegrafikaan, kontekstual serta pendidikan berbasis karakter, (3) Development yang meliputi pengembangan modul dari aspek isi, bahasa, kegrafikaan, kontekstual, serta aspek pendidikan berbasis karakter, (4) Implementasi guna memperoleh tanggapan dan masukan dari pendidik dan peserta didik, dan (5) Evaluation guna melihat apakah produk yang dikembangkan efektif atau tidak . Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas X 4 SMA N 1 Imogiri, dosen dan pendidik. Instrumen yang digunakan lembar evaluasi modul, angket respon peserta didik serta tes tertulis dan hasil wawancara. Implementasi modul dilaksanakan pada tanggal 20, 21, 24, 27, 28 April 2012 dan 1, 4, 5, 8, 11, 12, 15 Mei 2012. Validasi modul oleh dua dosen ahli yaitu dosen ahli materi dan dosen ahli media serta dua guru ahli yaitu guru ahli materi dan guru ahli media diperoleh rata-rata skor aspek kelayakan isi, kelayakan bahasa, kelayakan penyajian, penilaian kontekstual dan penilaian karakter dengan kriteria “Sangat Baik” serta kelayakan kegrafikaan dengan kriteria “Baik”. Modul yang disusun mempunyai kualitas valid dengan nilai rata-rata 3,31 berdasarkan penilaian dosen ahli materi dan dosen ahli media, praktis dengan nilai rata-rata 3,39 berdasarkan hasil angket respon peserta didik dan hasil evaluasi oleh guru ahli materi dan ahli media, dan efektif dengan ketuntasan hasil belajar mencapai 87% berdasarkan hasil post-test. Kata kunci: Pengembangan modul, Pendekatan Kontekstual, Pendidikan Karakter, Ruang Dimensi Tiga, Kualitas.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan modul, Pendekatan Kontekstual, Pendidikan Karakter, Ruang Dimensi Tiga, Kualitas.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 08 Jan 2013 08:45
Last Modified: 29 Jan 2019 18:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9348

Actions (login required)

View Item View Item