FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI HASIL BELAJAR PIANO DASAR DI JURUSAN SENI MUSIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

MEGA, NATALIA (2012) FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI HASIL BELAJAR PIANO DASAR DI JURUSAN SENI MUSIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1-07208244041.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1-07208244041.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2-07208244041.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5-07208244041.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran-07208244041.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi hasil belajar piano dasar di jurusan seni musik Universitas Negeri Yogyakarta. Faktor-faktor yang mempengaruhi merupakan variabel bebas (x) yaitu minat, motivasi, dan lingkungan. Sedangkan variabel terikatnya (y) adalah prestasi belajar pada mata kuliah piano dasar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Adapun teknik analisis data menggunakan regresi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan seni musik. Sedangkan sample dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan seni musik angkatan 2011 sebanyak 40 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket/kuesioner dan metode dokumentasi. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data variabel minat, motivasi, lingkungan. Sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data prestasi belajar pada mata kuliah piano dasar. Validitas dengan teknik analisis Product Moment Pearson dan reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis data menggunakan uji normalitas dan uji linieritas. Pengujian hipotesis menggunakan Product Moment Pearson. Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan, antara faktor minat, motivasi dan lingkungan. Hasil penelitian faktor minat diketahui nilai minimum sebesar 24,00, maksimum 63,00, rata-rata 48,35, dan simpangan baku 10,46. Mayoritas responden memiliki minat yang baik, yaitu sebanyak 22 orang (55%). Hasil penelitian faktor motivasi diketahui nilai minimum sebesar 18,00, maksimum 51,00, rata-rata 39,10 dan simpangan baku 8,36. Mayoritas responden memiliki motivasi yang baik, yaitu sebanyak 18 orang (45%). Hasil penelitian faktor lingkungan diketahui nilai minimum sebesar 42,00, maksimum 80,00, rata-rata 62,10 dan simpangan baku 9,78. Mayoritas responden memiliki lingkungan yang cukup, yaitu sebanyak 23 orang (57,5%). Hasil penelitian prestasi belajar pada mata kuliah piano dasar diketahui nilai minimum sebesar 56,00, maksimum 90,00, rata-rata 78,48, dan simpangn baku 9,43. Mayoritas responden memiliki prestasi belajar yang baik, yaitu sebanyak 26 orang (65%). Menunjukkan bahwa kontribusi X1, X2, X3 sebesar 65,2%, dibuktikan dari koefisien determinasi (R2) sebesar 0,652 sedangkan sisanya sebesar 34,8% dipengaruhi oleh faktor yang lain.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 08 Jan 2013 07:26
Last Modified: 29 Jan 2019 18:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9344

Actions (login required)

View Item View Item