KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN IPA TERPADU DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK-PAIR-SHARE) PADA TEMA MENDENGAR DARI GELOMBANG

IKA , NURWIDIYANTI (2012) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN IPA TERPADU DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK-PAIR-SHARE) PADA TEMA MENDENGAR DARI GELOMBANG. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER - 08312244039.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 - 08312244039.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - 08312244039.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - 08312244039.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 08312244039.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran IPA terpadu dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share) pada tema mendengar dari gelombang. Keefektifan yang diukur adalah keefektifan proses dan hasil belajar aspek kognitif. Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimen, dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest design. Penelitian dilakukan pada satu kelas sampel yaitu VIII A dengan jumlah sampel sebanyak 26 siswa, yang dipilih secara simple random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran IPA berupa angket keefektifan pembelajaran dan instrument tes kognitif. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran IPA dengan menggunakan kooperatif tipe TPS yaitu deskriptif untuk angket keefektifan pembelajaran IPA menggunakan program excel dengan kriteria keefektifan dan untuk aspek kognitif dengan Gain Score. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai angket keefektifan pembelajaran diperoleh hasil sebesar 4,14 yang berarti pembelajaran tersebut efektif. Selain itu, ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar IPA siswa. Berdasarkan analisis Gain Score untuk hasil belajar aspek kognitif siswa diperoleh sebesar 0,52 dengan kategori efektif. Jadi dapat diambil kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif TPS (Think-Pair-Share) efektif dalam pembelajaran IPA tema mendengar dari gelombang. Kata kunci : pembelajaran kooperatif tipe TPS, keefektifan pembelajaran, hasil belajar IPA

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kooperatif tipe TPS, keefektifan pembelajaran, hasil belajar IPA
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan IPA
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 21 Dec 2012 02:51
Last Modified: 29 Jan 2019 18:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9262

Actions (login required)

View Item View Item