KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE QUESTION STUDENT HAVE PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA N 1 SEDAYU BANTUL

Dimas Harin , Wibowo (2012) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE QUESTION STUDENT HAVE PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA N 1 SEDAYU BANTUL. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1-08203241019.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1-08203241019.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2-08203241019.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5-08203241019.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran-08203241019.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) perbedaan prestasi keterampilan membaca antara peserta didik yang diajar dengan menggunakan metode Qustion Student Have dan peserta didik yang diajar dengan menggunakan metode konvensional (2) keefektifan penggunaan metode Question Student Have pada pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain eksperimen pretest-postest. Penelitian terdiri dari dua variabel yakni variabel bebas berupa penggunaan metode Question Student Have dan variabel terikat berupa keterampilan membaca bahasa Jerman. Penelitian ini dilakukan di SMA N 1 Sedayu Bantul. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI yang berjumlah 343 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling diperoleh kelas XI IPA4 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 28 peserta didik dan kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 34 peserta didik. Data penelitian diambil menggunakan tes keterampilan membaca. Validitas penelitian menggunakan validitas isi, validitas konstruk dan validitas butir soal. Reabilitas dengan menggunakan rumus KR-20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa t-hitung sebesar 6,518 lebih besar dari t-tabel sebesar 2,000. Rerata kelas eksperimen sebesar 26,2857 lebih besar dari rerata kelas kontrol sebesar 23,8824. ini berarti bahwa (1) terdapat perbedaan tingkat keterampilan membaca yang signifikan antara peserta didik yang diajar dengan menggunakan metode Question Student Have dan metode konvensional, (2) penggunaan metode Question Student Have lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik daripada metode konvensional dengan bobot keefektifan 10,27 %.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jerman
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 18 Dec 2012 01:56
Last Modified: 29 Jan 2019 17:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9167

Actions (login required)

View Item View Item