PERBEDAAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN METODE CERAMAH MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL PETA KONSEP DAN TANPA MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL PETA KONSEP PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI KELAS VIII SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA

ADRIAWAN , HAMDJO (2012) PERBEDAAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN METODE CERAMAH MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL PETA KONSEP DAN TANPA MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL PETA KONSEP PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI KELAS VIII SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover - 05302244049.pdf

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 - 05302244049.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 05302244049.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - 05302244049.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - 05302244049.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar fisika dengan metode ceramah menggunakan media visual peta konsep dan tanpa menggunakan media visual peta konsep serta metode ceramah yang lebih baik di antara keduanya. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap penggunaan media visual peta konsep dalam metode ceramah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Yogyakarta yang terbagi dalam 5 kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik simple random sampling yaitu mengambil 2 kelas dari 5 kelas yang ada secara acak. Berdasarkan teknik tersebut diperoleh kelas VIII B sebagai kelas eksperimen yang diberikan pembelajaran dengan metode ceramah menggunakan media visual peta konsep dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol yang diberikan pembelajaran dengan metode ceramah tanpa menggunakan media visual peta konsep oleh guru. Jumlah siswa pada masing-masing kelas sebanyak 32 siswa yang selanjutnya digunakan sebagai subjek atau sampel penelitian. Metode pengujian hipotesis yang digunakan adalah One-way Anova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar fisika siswa dengan metode ceramah menggunakan media visual peta konsep dan tanpa menggunakan media visual peta konsep. Metode ceramah menggunakan media visual peta konsep lebih baik jika dibandingkan dengan tanpa menggunakan media visual peta konsep ditinjau dari hasil belajar fisika siswa. Hasil tanggapan siswa menunjukkan bahwa penggunaan media visual peta konsep memiliki respon yang positif. Para siswa memberikan tanggapan sangat positif sebesar 23,75% dan memberikan tanggapan yang cukup positif sebesar 58,51%. Kata Kunci: perbedaan, metode ceramah, media visual peta konsep, hasil belajar, tanggapan siswa, materi pokok usaha dan energi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: perbedaan, metode ceramah, media visual peta konsep, hasil belajar, tanggapan siswa, materi pokok usaha dan energi.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 18 Dec 2012 01:15
Last Modified: 29 Jan 2019 17:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9134

Actions (login required)

View Item View Item