KEEFEKTIFAN METODE COOPERTIVE LEARNING TIPE TALKING STICK DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN BANTUL

Bina , Kundhini (2012) KEEFEKTIFAN METODE COOPERTIVE LEARNING TIPE TALKING STICK DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN BANTUL. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1-08203241010.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1-08203241010.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2-08203241010.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5-08203241010.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran-08203241010.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan yang signifikan prestasi belajar keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Banguntapan Bantul antara yang diajar menggunakan metode cooperative learning tipe talking stick dan yang diajar menggunakan metode konvensional, (2) keefektifan penggunaan metode cooperative learning tipe talking stick dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuasi eksperimen. Desain penelitian ini adalah pre-test post-test control group design. Penelitian ini memiliki 2 variabel yaitu metode cooperative learning tipe talking stick sebagai variabel bebas, dan keterampilan berbicara bahasa Jerman sebagai variabel terikat. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Banguntapan Bantul sebanyak 129 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Berdasarkan pengambilan sampel diperoleh kelas XI IPA 1 (25 peserta didik) sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 (28 peserta didik) sebagai kelas kontrol. Data diperoleh melalui tes keterampilan berbicara bahasa Jerman pada pre-test dan post-test. Uji validitas menggunakan validitas isi dan validitas konstruk. Analisis data penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil analisis data menggunakan uji-t menghasilkan thitung 3,517 lebih besar dari ttabel 2,021 dengan taraf signifikansi α = 5%. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Bobot keefektifannya adalah 13,2%. Nilai rata-rata akhir kelas eksperimen sebesar 11,64 lebih besar dari kelas kontrol yaitu 10,50. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode cooperative learning tipe talking stick efektif dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jerman
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 17 Dec 2012 08:00
Last Modified: 29 Jan 2019 17:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9114

Actions (login required)

View Item View Item