PENGARUH KONSEP DIRI DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS MADRASAH ALIYAH NEGERI YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2011/2012

SUSI SRI, SULASTRI (2012) PENGARUH KONSEP DIRI DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS MADRASAH ALIYAH NEGERI YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER -10403245002.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 -10403245002.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 -10403245002.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 -10403245002.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN -10403245002.pdf

Download (225kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui: (1) Pengaruh Konsep Diri terhadap Hasil Belajar Akuntansi, (2) Pengaruh Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar Akuntansi, (3) Pengaruh Konsep Diri dan Kebiasaan Belajar secara bersama-sama terhadap Hasil Belajar Akuntansi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta II Tahun Ajaran 2011/2012. Jumlah sampel sebanyak 67 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, angket, dan dokumentasi. Metode wawancara digunakan pada saat pra penelitian untuk mendapatkan informasi mengenai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang diberlakukan dan sejarah sekolah. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data variabel Konsep Diri dan Kebiasaan Belajar, sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data mengenai Hasil Belajar Akuntansi. Uji validitas menggunakan teknik analisis Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Uji persyarat analisis data menggunakan uji normalitas, linearitas dan multikolinearitas. Pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan analisis regresi sederhana, sedangkan hipotesis ketiga menggunakan analisis regresi ganda.Tingkat signifikansi hasil analisis ditentukan sebesar 5%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: (1). Konsep Diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar Akuntansi yang ditunjukkan dengan persamaan Y = 16,645 + 0,704 X1 dengan koefisien korelasi (rx1y) = 0,496, koefisien determinasi (r2) = 0,246 dengan thitung sebesar 4,604 dan ttabel 2,000. (2). Kebiasaan Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar Akuntansi yang ditunjukkan dengan persamaan Y = 32,397 + 0.301 X2 dengan koefisien korelasi (rx1y) = 0, 455, koefisien determinasi (r2) 0,207 dan thitung sebesar 4,121 dan ttabel sebesar 2,000. (3). Konsep Diri dan Kebiasaan Belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar Akuntansi yang ditunjukkan dengan persamaan Y = 11,561 + 0,507 X1 + 0,182 X2 dengan koefisien korelasi (rx1y) sebesar 0,550, koefisien determinasi (r2) sebesar 0,302. Fhitung sebesar 13,868 dan Ftabel sebesar 3,14. Sumbangan Efektif pada variabel Konsep Diri sebesar 17,7% dan variabel Kebiasaan Belajar sebesar 12,5%. Kata kunci: Konsep Diri, Kebiasaan Belajar, Hasil Belajar Akuntansi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Konsep Diri, Kebiasaan Belajar, Hasil Belajar Akuntansi
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 17 Dec 2012 06:41
Last Modified: 29 Jan 2019 17:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9027

Actions (login required)

View Item View Item