PENGGUNAAN BIDANG MIRING PADA PENINGKATAN KETERAMPILAN MATERI GULING BELAKANG SISWA KELAS IV DI SD NEGERI BRENGKOL PITURUH PURWOREJO

Imam , Sugiri (2012) PENGGUNAAN BIDANG MIRING PADA PENINGKATAN KETERAMPILAN MATERI GULING BELAKANG SISWA KELAS IV DI SD NEGERI BRENGKOL PITURUH PURWOREJO. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
A.Depan.pdf

Download (168Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (53Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II. imam.rtf.pdf

Download (147Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (49Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
E.Tulisan Lampiran.pdf

Download (50Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
F.Lampiran 1 rpp back roll.pdf

Download (363Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
F.Pedoman penilaian.pdf

Download (95Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
G.Hasil tes.pdf

Download (63Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Hasil Angket.pdf

Download (49Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
I.Foto Kegiatan.pdf

Download (414Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pembelajaran penjas materi guling belakang dengan memanfatkan bidang miring pada kelas IV SD N Brengkol, Pituruh, Purworejo. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research), yang menggunakan 1 siklus, dengan 2 kali pertemuan dan setiap pertemuan menunjukkan tahapan perkembangan proses pembelajaran penjas materi lantai guling belakang. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Brengkol, Pituruh, Purworejo pada semester II tahun pelajaran 2011/2012. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data pada penelitian ini adalah, pedoman penilaian senam lantai guling belakang, angket pendapat siswa tentang pembelajaran. Analisis data yang digunakan adalah analisis diskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran pendidikan jasmani materi senam lantai guling belakang dengan bidang miring dapat meningkatkan proses pembelajaran. Semangat, antusiasme, dan suasana senang bagi siswa mengalami peningkatan. Selain itu dapat meningkatkan nilai pembelajaran siswa dari hasil evaluasi yang dilakukan diperoleh hasil bahwa siswa yang tuntas belajar 23 siswa atau 92 % sudah lebih dari 75 %. Nilai rata-rata kelas 78,32 sudah lebih tinggi dari Kriteria Ketuntasan Minimal yang ditetapakn yaitu 70. Kata Kunci : Bidang Miring, Guling Belakang, Siswa Kelas IV SD

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Bidang Miring, Guling Belakang, Siswa Kelas IV SD.
Subjects: Olahraga
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Perpustakaan
Depositing User: Eprints Depositor
Date Deposited: 14 Dec 2012 04:20
Last Modified: 14 Dec 2012 04:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8958

Actions (login required)

View Item View Item