Hubungan Antara Penggunaan Media Pembelajaran Dan Kreativitas Mengajar Guru Dengan Prestasi Belajar Menggunakan Peralatan Kantor Siswa Kelas X SMK N 1 Jogonalan Tahun Ajaran 2011/2012

Muzakki, Muzakki (2012) Hubungan Antara Penggunaan Media Pembelajaran Dan Kreativitas Mengajar Guru Dengan Prestasi Belajar Menggunakan Peralatan Kantor Siswa Kelas X SMK N 1 Jogonalan Tahun Ajaran 2011/2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover -08402244030.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 -08402244030.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 -08402244030.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 -08402244030.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran -08402244030.pdf

Download (958kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Hubungan Antara Penggunaan Media Pembelajaran dengan Prestasi Belajar Menggunakan Peralatan Kantor siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK N 1 Jogonalan Tahun Ajaran 2011/2012 ; 2) Hubungan Antara Kreativitas Mengajar Guru dengan Prestasi Belajar Menggunakan Peralatan Kantor siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK N 1 Jogonalan Tahun Ajaran 2011/2012; 3) Hubungan Antara Penggunaan Media Pembelajaran dan Kreativitas Mengajar Guru secara bersama-sama dengan Prestasi Belajar Menggunakan Peralatan Kantor siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK N 1 Jogonalan Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran Tahun Ajaran 2011/2012 yang berjumlah 74 siswa. Uji coba instrument dilaksanakan kepada 30 siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran Tahun Ajaran 2011/2012 SMK Muhammadiyah 2 Klaten. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis yang meliputi uji linieritas dan multikolinieritas. Kemudian pengujian hipotesis menggunakan analisis bivariat dan multivariat. Analisis bivariat dalam penelitian ini menggunakan korelasi product moment untuk menguji hubungan variabel secara parsial, sedangkan analisis multivariat menggunakan regresi berganda untuk menguji hubungan variabel secara bersama-sama. Dengan tingkat signifikansi hasil analisis ditentukan sebesar 5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut : (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penggunaan media pembelajaran dengan prestasi belajar yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi rx1y sebesar 0.664 (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kreativitas mengajar guru dengan prestasi belajaryang ditunjukkan dengan koefisien korelasi rx1y sebesar 0.520 (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penggunaan media pembelajaran dan kreativitas mengajar guru secara bersama-sama dengan prestasi yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi (r) 0.697 dan koefisien determinasi (r2) sebesar 0.485. ini berarti 48.5% prestasi belajar mata diklat menggunakan peralatan kantor dijelaskan oleh penggunaan media pembelajaran dan kreativitas mengajar guru. sedangkan 51.5% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dianalisis dalam penelitian ini. Kata kunci : penggunaan media pembelajaran, kreativitas mengajar guru, prestasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: penggunaan media pembelajaran, kreativitas mengajar guru, prestasi belajar
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Perpustakaan
Divisions: Perpustakaan
Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 14 Dec 2012 01:07
Last Modified: 29 Jan 2019 17:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8915

Actions (login required)

View Item View Item