Yulianto, Yulianto (2012) PENEREPAN PEMBELAJARAN AKTIF TEKNIK EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII B SMP N 4 NGAGLIK, SLEMAN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
|
Text
1 - 08416241006.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1 - 08416241006.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2 - 08416241006.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5 - 08416241006.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN - 08416241006.pdf Download (47MB) | Preview |
Abstract
Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII B di SMP Negeri 4 Ngaglik masih rendah. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya proses pembelajaran yang belum optimal. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran aktif teknik Everyone Is a Teacher Here untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII B SMP Negeri 4 Ngaglik dan untuk mengetahui kendala-kendala dalam penerapan pembelajaran aktif teknik Everyone Is a Teacher Here. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini berlangsung selama 3 siklus. Sumber data dari penelitian ini siswa kelas VIII B SMP Negeri 4 Ngaglik. Teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan catatan lapangan. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi metode. Penelitian ini menggunakan analisis data analisis analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran aktif teknik Everyone Is a Teacher Here ditambah dengan kompetisi berkelompok, pujian, dan pemberian hadiah dapat meningkatkan motivasi belajar IPS siswa kelas VIII B di SMP Negeri 4 Ngaglik. Hal tersebut terlihat dari peningkatan motivasi berdasarkan hasil angket yang diberikan. Pada siklus I rata-rata motivasi kelas siswa mencapai 64,2% atau meningkat 3,8% dari angket sebelum tindakan. Pada siklus II rata-rata motivasi belajar kelas mengalami peningkatan 7,9% sehingga mencapai 72,1%. Pada siklus III rata-rata motivasi kelas adalah 78,3% atau mengalami peningkatan sebesar 6,2%. Dengan demikian, penerapan pembelajaran aktif teknik Everyone Is a Teacher Here dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII B SMP Negeri 4 Ngaglik. Adapun kendala dalam penerapan pembelajaran aktif teknik Everyone Is a Teacher Here adalah membutuhkan waktu pembelajaran yang lama. Kata kunci: Teknik Everyone Is a Teacher Here, Motivasi Belajar, Pembelajaran IPS
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teknik Everyone Is a Teacher Here, Motivasi Belajar, Pembelajaran IPS |
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan IPS Perpustakaan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS Perpustakaan |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 14 Dec 2012 00:38 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 17:49 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8890 |
Actions (login required)
View Item |