Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Berbasis Etnomatematika Untuk Peserta Didik SMP Di Kota Yogyakarta.

Fauzan, Muh Ikhwan and Rosnawati, Raden (2025) Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Berbasis Etnomatematika Untuk Peserta Didik SMP Di Kota Yogyakarta. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
tesis_muh. ikhwan fauzan_23070240008.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan konstruksi instrumen tes kemampuan pemecahan masalah berbasis etnomatematika, (2) menghasilkan kualitas yang baik instrumen tes kemampuan pemecahan masalah berbasis etnomatematika, (3) menghasilkan hasil instrumen tes kemampuan Pemecahan masalah berbasis etnomatematika pada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Tahapan pengembangan memodifikasi model pengembangan tes Mardapi dan Retnawati yang terdiri dari 8 tahapan pengembangan, yaitu perancangan tes, yang mencakup penentuan tujuan tes, kompetensi, konstruk materi, penyusunan kisi-kisi, dan penyusunan item tes; validasi isi; revisi berdasarkan masukan validator; uji coba; analisis validitas konstruk dan reliabilitas; perbaikan instrumen; analisis dan interpretasi hasil ketercapaian; serta perakitan tes. Uji coba instrumen terbagi atas dua tahap yaitu uji coba skala kecil dan uji coba skala luas yang melibatkan siswa kelas IX di SMP Kota Yogyakarta. Validasi isi dibuktikan melalui expert judgement menggunakan formula Aiken’s V, dan validitas konstruk dibuktikan melalui CFA. Karakteristik butir instrumen dianalisis menggunakan analisis IRT model PCM. Hasil penelitian sebagai berikut (1) Konstruk pemecahan masalah berbasis etnomatematika pada penelitian ini terdiri dari empat sub aspek, yaitu memahami masalah, perencanaan pemecahan masalah, penyelesaian masalah, dan evaluasi dan interpretasi; empat konten, yaitu bilangan, aljabar, geometri/pengukuran, dan Peluang; dua konteks etnomatematika yaitu aktivitas dan artefak (2) Validitas instrumen tergolong baik dengan indeks V Aiken sebesar 0,95 hingga 1; p-value sebesar 0,96, RMSEA sebesar 0,00; reliabilitas instrumen tergolong tinggi dengan koefisien Alpha sebesar 0,75. (3) Seluruh butir tes tergolong baik dengan tingkat kesukaran butir dari 0,044 sampai dengan 0,421; instrumen penilaian fit dengan model IRT 1PL dengan nilai infit sebesar 0,880 hingga 1,087; instrumen penilaian memberikan informasi akurat pada theta dari -3,7 hingga +3,9 dan informasi tertinggi pada theta 0,36. (4) Estimasi kemampuan peserta tes bervariasi pada rentang -3,798 dan tertinggi 1,955. (5) kemampuan pemecahan masalah berdasarkan hasil tes 1% kategori sangat tinggi, 12% pada kategori tinggi, 50% kategori sedang, 28% kategori rendah, dan 9% kategori sangat rendah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: instrumen penilaian, pemecahan masalah, etnomatematika
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 24 Nov 2025 03:54
Last Modified: 24 Nov 2025 03:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/88545

Actions (login required)

View Item View Item