Sasongko, Rakhy Risnu and Setiawan, Risky (2025) Evaluasi Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP IT Baitussalam Prambanan. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana.
|
Text
tesis_rakhyan risnu sasongko_21701251026.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi Kurikulum Merdeka di SMP IT Baitussalam Prambanan menggunakan model evaluasi CIPP. Tujuan evaluasi untuk: (1) mengetahui evaluasi konteks (Context Evaluation) dari implementasi Kurikulum Merdeka di SMP IT Baitussalam Prambanan, (2) mengetahui evaluasi input (Input Evaluation) dari implementasi Kurikulum Merdeka di SMP IT Baitussalam Prambanan, (3) mengetahui evaluasi proses (Process Evaluation) dari implementasi Kurikulum Merdeka di SMP IT Baitussalam Prambanan, (4) mengetahui evaluasi produk (Product Evaluation) dari implementasi Kurikulum Merdeka di SMP IT Baitussalam Prambanan. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan model evaluasi CIPP (Context, Input Process, Product). Subjek dalam penelitian evaluasi ini antara lain kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, wakil kepala sekolah bidang sarpras, 4 orang wali kelas, 6 orang guru, dan 2 rombel kelas yakni kelas 9A sejumlah 10 peserta didik, dan 9D 10 peserta didik. Sedangkan objek penelitian yang diteliti yakni implementasi Kurikulum Merdeka. Hasil penelitian menunjukkan evaluasi implementasi Kurikulum Merdeka di SMP IT Baitussalam Pramabanan: (1) Evaluasi konteks dari aspek legalitas yang dimiliki dan dokumen KOSP yang disusun telah sesuai standar. (2) Evaluasi input dari aspek kompetensi guru, perencanaan pembelajaran (modul ajar dan P5), sarana prasarana, dan pembiayaan yang sesuai standar. Akan tetapi untuk pelibatan peserta didik dalam perencanaan P5 belum memenuhi standar. (3) Evaluasi proses dari aspek proses pembelajaran, asesmen, dan kegiatan P5 telah memenuhi standar. Sedangkan pada kegiatan refleksi pembelajaran yang dilakukan oleh guru belum memenuhi standar. (4) Evaluasi produk dari aspek laporan hasil belajar peserta didik baik akademik maupun non akademik telah memenuhi standar.
| Item Type: | Thesis (S2) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | CIPP, Evaluasi, Kurikulum Merdeka |
| Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Menengah Pendidikan > Evaluasi Pendidikan |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan |
| Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
| Date Deposited: | 04 Nov 2025 08:02 |
| Last Modified: | 04 Nov 2025 08:02 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/88386 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
